PENILAIAN OTENTIK DALAM PENGAJARAN BAHASA KEDUA

Main Article Content

ANITA ANITA

Abstract

Penilaian otentik atau authentic assessment adalah penilaian yang tidak hanya menguji satu aspek keahlian, dalam hal ini keahlian bahasa, tetapi juga seluruh aspek kemampuan pelajar bahasa, prestasi, motivasi serta sikap dalam melakukan kegiatan di kelas.Penilaian ini dikontradiksikan dengan penilaian yang menggunakan standar tes berbasis norma, pilihan ganda, benar–salah, menjodohkan, atau membuat jawaban singkat. Penilaian ini memfokuskan pemahaman pelajar akan tugas yang diberikan dengan membangun keterlibatan pelajar dalam proses penilaian sehingga kemampuan pelajar yang sesungguhnya dapat diketahui. Dengan demikian pengajar dapat mengidentifikasi materi apa yang sudah layak dilanjutkan dan untuk materi apa kegiatan remedial harus dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

ANITA ANITA, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten