PENILAIAN OTENTIK DALAM PENGAJARAN BAHASA KEDUA
Main Article Content
Abstract
Penilaian otentik atau authentic assessment adalah penilaian yang tidak hanya menguji satu aspek keahlian, dalam hal ini keahlian bahasa, tetapi juga seluruh aspek kemampuan pelajar bahasa, prestasi, motivasi serta sikap dalam melakukan kegiatan di kelas.Penilaian ini dikontradiksikan dengan penilaian yang menggunakan standar tes berbasis norma, pilihan ganda, benar–salah, menjodohkan, atau membuat jawaban singkat. Penilaian ini memfokuskan pemahaman pelajar akan tugas yang diberikan dengan membangun keterlibatan pelajar dalam proses penilaian sehingga kemampuan pelajar yang sesungguhnya dapat diketahui. Dengan demikian pengajar dapat mengidentifikasi materi apa yang sudah layak dilanjutkan dan untuk materi apa kegiatan remedial harus dilakukan.
Downloads
Article Details
Tazkiyya: Jurnal Keislaman, Kemasyarakatan dan Kebudayaan is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Tazkiyya: Jurnal Keislaman, Kemasyarakatan dan Kebudayaan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. This permits anyone to:
- Share - copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
-
Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
ShareAlike - If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
