UPAYA PENGAWAS PENDAIS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Tatang Hidayat Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darul Ulum Arjasari Bandung

Keywords:

kinerja pengawas, kompetensi guru, pembinaan, pengelolaan pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1) Perencanaan pengawasan, 2) Pelaksanaan pengawasan; 3) Hambatan pelaksanaan pengawasan; 4) Hasil kinerja pengawasan. Penelitian dilakukan pada Kelompok Kerja Pengawas Pendidikan Agama Islam Kabupaten Bandung. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif studi kasus. Responden penelitian pengawas, kepala sekolah dan guru. Instrumen penelitian menggunakan wawancara dan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi: pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian: 1) Perencanaan pengawasan sudah dilaksanakan sesuai dengan harapan terhadap perencanaan, pengelolaan kegiatan belajar, dan menilai prestasi siswa. 2) Pelaksanaan kinerja pengawas Pendidikdan Agama Islam belum dilaksanakan secara maksimal dan belum memenuhi harapan karena ada kendala-kendala yang dihadapi; 3) Pengawas Pendidikan Agama Islam mengalami hambatan-hambatan dalam melalukan pengawasan diantaranya: pengawas 1 berbanding 9, padahal idealnya 1 berbanding 7. Kurang kordniasi antara pengawas Pendidikan Agama Islam dengan pengawas Dinas pendidikan Kabupatan. Kurang harmonisnya pengawas dengan guru. Keenganan kepala madrasah atas kedatangan pengawas. Kurangnya media, dan sarana transportasi untuk melakukan pengawasan. 4) Hasil kinerja pengawasan pengawasan belum maksimal terlihat dari: peningkatan profesional guru didapat melalui kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam melalui pendidikan formal, penataran, lokakarya, dan seminar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Tatang Hidayat, Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darul Ulum Arjasari Bandung

Kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darul Ulum Arjasari Bandung

Published

2017-01-04