PENGARUH FAKTOR PRODUK TERHADAP MINAT MAHASISWA MENJADI PESERTA ASURANSI SYARIAH (Studi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)

Authors

  • Ikin Ainul Yakin UIN Banten
  • Suryanti Suryanti UIN Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/sijas.v4i2.2955

Keywords:

Produk Asuransi Syariah, Minat.

Abstract

Perkembangan asuransi syariah yang diharapkan terus berkembang di masa yang akan datang, perlu adanya edukasi pada masyarakat luas khusunya di kalangan mahasiswa. Dalam hal ini penulis menganalisis faktor produk terhadap minat mahasiswa menjadi peserta asuransi syariah, kemudian menganalisis besaran pengaruh produk asuransi syariah terhadap minat mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer dengan teknik pengumpulan data: angket, studi pustaka dan dokumentasi diolah menggunakan bantuan aplikasi SPSS 16.0. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah: Hasil analisis thitung sebesar 2,644 dan ttabel dengan uji dua pihak dengan tingkat signifikan a=5% df (n-k-1) = (96-1-1)=94, sebesar 1,98552. Jadi, t hitung > t tabel (2,644 > 1,98552) dan tingkat signifikansi 0.002 atau lebih kecil dari 0.05. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti faktor produk asuransi mempunyai pengaruh secara positif terhadap minat mahasiswa menjadi calon peserta asuransi syariah.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-12-30