Analisis Implementasi Penerapan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (Ppk-Blu) Terhadap Efektivitas Penganggaran Pada Uin Smh Banten

Authors

  • Edi Humaedi
  • Fadilla Oktaviani UIN SMH Banten
  • Fidri Siti Zubaedah UIN SMH Banten
  • Zanu Saputra UIN SMH Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/sijas.v10i2.12215

Keywords:

Implementation, Budgeting Effectiveness

Abstract

To improve the quality of service at UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, one of the efforts made by the university is the implementation of the Public Service Agency (BLU) system. Universities across Indonesia are required to implement this public service agency system. UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten is one of the universities in Banten Province that has implemented the Financial Management Pattern of Public Service Agency (PPK BLU). This study aims to examine the impact of PPK BLU implementation at UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. The goal is to determine whether there is a significant impact on financial performance, service performance, and quality and benefits for students before and after the implementation of PPK BLU at UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Based on the analysis, it was found that overall, PPK BLU significantly affects financial performance, service performance, as well as quality and benefits for the community after the implementation of PPK BLU.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Halim, Abdul. 2008, Akuntansi Keuangan Daerah ; Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Abdul, Ahmad Hag, 2009, Ensiklopedia Perbendaharaan Badan Layanan Umum, Diakses 21 Juli 2010 Jam 8.50 PM < http://www.ensiklopedia.multiply.com/journal/BLU.

Bastian, Indra, 2001, Akuntansi Sektor Publik, BPFE, Yogyakarta.

Direktorat Pembinaan PK BLU Direktorat Jenderal Perbendaharaan Departemen Keuangan RI, 2008, Modul Bimbingan Teknis Penyusunan Persyaratan Adminstratif untuk Menerapkan PPK-BLU.

Dwiyanto, Agus, 2010, Manajemen Pelayanan Publik: Peduli, inklusif danKolaboratif, Gadjah Mada UniversityPress, Yogyakarta.

Ingram, W Robert, J Peterson, Russel, W Martin, Susan, 2001, Accounting and Financial Reporting for Govermental and Non Profit Organization Basic Concepts, New York, Mc Graw-Hill Inc.

Kaplan, Robert S, Norton, David P, 2000, Menerapkan Strategi Menjadi Aksi, Balance Score Card, Penerbit Erlangga, Jakarta

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No.63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Kurniawan, Teguh, Pergeseran Paradigma Administrasi Publik: dari Prilaku model Klasik dan NPM ke Good Governance, Diakses 20 Juli 2010 Jam 10.55, < http://teguhkurniawan.multiply.com

Mardiasmo, 2006, Akuntansi Sektor Publik, Penerbit Andi, Yogyakarta.Mahmudi, 2005, Manajemen Kinerja Sektor Publik, UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Mahmudi, 2003, New Public Management (NPM): Pendekatan Baru Manajemen Sektor Publik, Diakses 10 Februari 20110 Jam 09.00, http://journal.vii.ac.id/index.php/sinerji/artikel.

Nagi, Hessel S Tangkilisan, 2005, Manajemen Publik, Gramedia, Jakarta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 22 tahun 1997 tentang Jenis dan Penyetoran Penerimaan Negara Bukan Pajak.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 25 tahun 2005 tentang Standar Pelayan Minimal.

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 66.PMK.02/2006 tentang Tata Cara Penyusunan, Pengajuan, Penetapan dan Perubahan RBA serta DPA BLU.

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 76/PMK.05/2008 tentang Pedoman Akuntansi Badan Layanan Umum.

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 44/PMK.05/2009 tentang Rencana Bisnis Anggaran dan Pelaksanaan Anggaran Badan Layanan Umum.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan

Downloads

Published

2024-12-31