PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN MINAT PEMBELIAN PRODUK ASURANSI SYARIAH PADA GENERASI Z

Authors

  • Ratu Humaemah UIN SMH Banten
  • M. Indrajit Roy UIN SMH Banten
  • Hikmah Herdiana -

Keywords:

Media Sosial, Minat Pembelian, Generasi Z

Abstract

The purpose of this study is to influence social media on the purchase decision of sharia insurance products in generation Z. This study uses quantitative methods with purposive sampling techniques. Respondents in this study are students who belong to generation Z and have used social media. Data collected through questionnaires and evaluations with multiple linear regression show that social media has a significant good and positive influence on the decision of interest in purchasing sharia insurance products in generation Z, while the characteristics of gen Z has such a significant positive influence on decisions intention to
purchase sharia insurance goods in generation Z. In the context of marketing sharia insurance products, insurance companies can utilize social media as one of the tools to promote their products to generation Z.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amber. (2019, 30 Agustus). Teori Komunikasi. Diambil dari pakarkomunikasi.com: https://pakarkomunikasi.com/teori-komunikasi

Annur, C. M. (2023, Februari 09). Media sosial yang digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk mencari informasi tentang asuransi swasta (Januari 2023). Diambil dari databoks.katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/09/instagram-hingga-tiktok-ini-media-sosial-yang-digunakan-warga-ri-untuk-cari-informasi-soal-asuransi

Bolton, RD (1991). Analisis longitudinal tentang dampak perubahan pada sikap pelanggan. Jurnal Pemasaran, 55(1), 1-10.

Duffet, RG (2017). Jelajahi pengaruh pemasaran media sosial terhadap keputusan pembelian milenium untuk layanan asuransi. Jurnal Keuangan Jasa Pemasaran, 22(2), 88-99.

Ekasari, N. (2014). Pengaruh Social Media Based Advertising terhadap Pilihan Produk Konsumen yang Ditawarkan oleh PT. BFI Finance Jambi untuk Pembiayaan Mobil. Seri Humaniora Jurnal Penelitian Universitas Jambi, Vol.16, No. 2, 81-102.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 21. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Husin, M. R. (2014). Apakah Muslim berniat untuk berpartisipasi dalam asuransi syariah? Analisis dari Teori Perilaku Terencana. Wawasan Emerlade.

Keller, L. (2008). Manajemen Merek Strategis: Membangun, mengukur, dan mengelola ekuitas merek. Edisi ke-3 Upper Saddle River, New Jersey: Pearson International Edittion.Kim, A. K. (2012). Do Social Media Marketing Activities Enhance Customer Equity? An Empirical Study of Luxury Fashion Brand . Journal of Bussiness Research, 65(10), 1480-1486.

Laroche, MH (2013). Menjadi atau Tidak Berada di Media Sosial: Bagaimana Loyalitas Merek Dipengaruhi oleh Media Sosial? Jurnal Internasional Manajemen Informasi, 33(1), 76-82.

Pratiwi, F. S. (2023, 12 September). Gen Z bermain media sosial lebih lama dari generasi lainnya. Diambil dari dataindonesia.id: https://dataindonesia.id/internet/detail/survei-gen-z-lebih-lama-main-medsos-dari-generasi-lain

Rizaty, M. A. (2022, 03 November). Jumlah Muslim Indonesia terbesar di dunia pada tahun 2022. Diambil daridataindonesia.id:

https://dataindonesia.id/varia/detail/populasi-muslim-indonesia-terbesar-di-dunia-pada-2022

Sanjaya, A. S. (2020). Pengaruh Dimensi Pemasaran Media Sosial pada Minat Beli Climatethirty. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 5, No 4, 272-278.

Pada Volume ini terdiri dari 5 manuskrip yang berasal dari berbagai perguruan tinggi dan praktisi dengan beberapa autor.

Downloads

Published

2024-01-19