EKSISTENSI DAN ENDURANSI PESANTREN ROUDHOTUL ‘ULUM CIDAHU PANDEGLANG DI TENGAH MODERNISASI PENDIDIKAN
Keywords:
Eksistensi, Pesantren, Pembelajaran, StrategiAbstract
Hegemoni pesantren modern yang tidak bisa di mundurkan lagi berdampak pada pendidikan pondok pesantren tradisional yang mengalami banyak konflik dalam menghadapinya, sampai-sampai ada yang ditinggalkan santri dan gulung tikar. Anggapan lain tentang pondok pesantren tradisional yaitu pola pendidikan yang diterapkan di pesantren terlalu lamban untuk mengeluarkan lulusan yang diharapkan masyarakat, karena pondok pesantren tradisional merupakan pendidikan eksklusif yang sulit berkembang di tengah masyarakat. Penelitian ini dilakukan di PP Roudhotul 'Ulum Cidahu Pandeglang.
Rumusan masalah penelitian ini adalah : Bagaimana sistem pembelajaran dan pendidikan PP Roudhotul ‘Ulum? Bagaimana strategi PP Roudhotul ‘Ulum dalam menghadapi modernisasi pendidikan pesantren? Apa faktor internal dan eksternal PP Roudhotul ‘Ulum Cidahu dalam mempertahankan sistem tradisional di tengah modernisasi pendidikan pesantren. Penelitian ini dilakukan untuk memahami, menganalisis dan mendeskripsikan sistem pembelajaran, strategi dan faktor internal dan eksternal yang diberlakukan PP Roudhotul ‘Ulum di tengah modernisasi pendidikan. Metode pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Pembelajaran di PP Roudhotul ‘Ulum menunjukkan eksistensinya yakni memegang teguh prinsip kesalafiyahannya dengan memfokuskan pada kajian kitab-kitab kuning yang meliputi bidang Fiqh, Tafsir, Hadits, Tasawuf dan lain-lain. Tujuan pembelajaran dari belajar kitab kuning di PP Roudhotul ‘Ulum adalah taffaquh fi al-ddin. Metode pengajaran yang diterapkan yaitu : Metode bandungan, muzakarah, majlis ta’lim. Faktor internal dan eksternal yang terdapat di pesantren Cidahu membuat pesantren tersebut mampu survive di tengah modernisasi pendidikan
Downloads
References
Arif Rahman, “Dinamika Tradisi Pendidikan Salaf Pesantren Lirboyo Kediri Di Tengah Arus Modernisasi,” Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 1 (2020)
Azyumardi Azra, “Pendidikan Islam :Tradisi Dan Modernisasi Di Tengah Tantangan Milenium III” (Jakarta: Prenada Media, 2014.
Dhofier, “Tradisi Pesantren : Studi Pandangan Hidup Kyai Dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia.”
Yusuf Waghid, “Islamic Educational Institutions: Can the Heritage Be Sustained?,” American Journal of Islam and Society 14, no. 4 (1997)
Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif , Kualitatif Dan r & D.”
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 latif Abdullah, Suherman Priatna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.