PERAN GURU PAI DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TOLERAN ANTAR UMAT BERAGAMA SISWA UNTUK MEWUJUDKAN KERUKUNAN DI SMAN 1 KOTA SERANG
Keywords:
Kata Kunci: Peran Guru PAI, Menumbuhkan Sikap , ToleransiAbstract
Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui peran guru PAI dalam menumbuhkan sikap beragama yang toleran untuk mewujudkan kerukunan di SMAN 1 Kota Serang. 2) Untuk mengatahui sejauh mana kondisi sikap toleran antar umat beragama siswa di SMAN 1 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis yang bertempat di SMA 1 Kota Serang. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Menganalisis data lalu memberi makna terhadap data untuk ditarik suatu kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan sikap beragama yang toleran antar umat beragama siswa di SMAN 1 Kota Serang, guru PAI selalau memainkan perananya sesuai dengan tugasnya yaitu memberikan arahan dan bimbingan kepada peserta didik, selain mendidik, mengarahkan dan membina juga guru PAI berkelaborasi dengan lembaga sekolah peserta didik dalam melaksanakan kegiatan sekolah, supaya peserta didik dapat berbaur dengan latar belakang agama dan etnis yang berbeda untuk saling hidup berdampingan, aman dan damai serta saling hormat menghormati tanpa adanya konflik/pertikian antar sesama, sehingga tumbuh sikap yang toleran pada diri peserta didik. Dari penelitian juga ditemukan dalam menumbuhkan sikap beragama yang toleran antar umat beragama di SMAN 1 Kota Serang sebagai berikut: memberikan kebebasan kepada peserta didik melakukan ibadah sesuai dengan keyakinanya, bersikap saling menghormati dan mengahargai satu dengan yang lainya, tidak saling membeda-bedakan tanpa melihat latar belakang yang berbeda, saling tolong menolong ketika ada yang terkena musibah tanpa melihat latar belakang agama, bersikap sopan santun dan saling kerja sama dengan pemeluk agama lain
Kata Kunci: Peran Guru PAI, Menumbuhkan Sikap , Toleransi
Downloads
References
Afifudin Ismail, “Refleksi Pola Kerukunan Umat Beragama Fenomena Keagamaan di Jawa Tengah, Bali dan Kalimantan Barat” dalam Analisa: Journal of Social Science and Religion, Vol. 17, No. 02,
Al-Qur’an dan Tarjamah Republik Indonesia, Jakarta: Lembaga Percetakan Al-Qur’an, 2014
Bghi, Felix, Pluralisme, Demokrasi dan Toleransi, Maumare: Ladero, 2012
Bogdan, Robet dan Knopp Biklen, Sari, Qualitative Research for Education: An Interduction to Theories and Methods, Pearson A & B, 2007
Cl. Selltiz Research Methods in social Relation. New York: Holt, Rinehart and Winston, 1964
Endang, Buseri , “Mengembangkan Sikap Toleransi dan Kebersamaan di Kalangan Siswa”, dalam Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, Vol. 6, No. 3,
Majid, Abdul dan Andayani , Diana, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Cet. I; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006
Merriam, Sharan B, Qualitative Research: A Guide to Desain and Implementasi , USA: The Jossey-Bass, 2009
Nazir, Metode Penelitian, Bogor: Penerbit Ghalia Indoneisa, 2017
Qorib, Muhammad, Pluralisme Buya Syafii Marif (Gagasan Dan Pemikiran Sang Guru Bangsa), Yogyakarta: Bildung, 2019.
Ramayulis, Dasar-Dasar Keoendidikan Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Kalam Mulia, 2015
Sudjanah, Nana dan Kusuma, Awal, Proposal Penelitian di Perguruan Tinggi , Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2000
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Cet. I; Bandung: Alfabeta, 2013
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2015
Syaodih, Nana Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007
Yakin, Ainul, M. Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understending Untuk Demokrasi dan Keadilan, Yogyakarta: Pilar Media, 2007
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rohim Rohim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.