PENGEMBANGAN METODE IQRA TERPADU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS TINGGI DI SDN RANCAILAT CIKANDE SERANG
DOI:
https://doi.org/10.32678/qathruna.v8i2.5385Kata Kunci:
Iqra Terpadu, Minat dan Belajar, BTQAbstrak
Penelitian ini bertujuan (1). Untuk menganalisis metode iqra terpadu dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SD Negri Rancailat Desa Bakung Kec. Cikande Kab. Serang, (2). Untuk mengetahui minat siswa terhadap pembelajaran baca tulis Al-Qur’an pada SDN Rancailat Desa Bakung Kec. Cikande Kab. Serang, (3). Untuk mengetahui Implementasi Metode Iqra Terpadu dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an pada siswa SD Negeri Rancailat Desa Bakung Kec. Cikande Kab. Serang, (4). Untuk mengetahui apakah Metode Iqra Terpadu dapat meningkatkan minat belajar Al-Qur’an di SD Negeri Rancailat Desa Bakung Kec. Cikande Kab. Serang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh dari observasi langsung wawancara, dokumentasi, dan angket. Subjek yang ditetapkan dalam penelitian ini kepala sekolah, guru PAI, guru BTQ dan siswa sebanyak 30 orang dari persentase sampel kelas tinggi yang berjumlah 120 orang. Analisis data yang gunakan yaitu : reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode iqra terpadu dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SDN Rancailat dalam katagori baik ini diperoleh dari hasil analisis mencapai persentase : 75%.(dilihat dari hasil evaluasi setelah pembelajara berlangsung). Pengembangan Metode Iqra Terpadu itu dapat meningkatkan minat belajar baca tulis Al-Qur’an pada siswa SD Negeri Rancailat Desa Bakung Kec. Cikande Kab. Serang dalam katagori sangat baik yaitu mencapai angkat 81% (dilihat dari hasil jawaban responden selalu) dan hasil wawancara penulis dengan kepala sekolah, guru dan siswa. itu memang benar dalam pembelajaran baca tulis Al-qur’an di SDN Rancailat siswa sangat antusias. Hal ini terbukti dengan hasil kemampuan baca tulis Al-Qur’an dengan menggunakan metode Iqra mereka sangat antusias dalam mengikuti setiap tahapannya baik iqra jilid 1 sd 6 ditambah dengan menulis huruf Arab atau Al-Qur’an dan Hafalan Juz ‘Amma/Juz 30.
Unduhan
Referensi
Azhar Rofi’i, Meningkatkan Kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode Iqra, Tesis, Program Studi PAI, IAIN Salatiga, 2009
Ahmad Zahadi dan Abdul Majid, Tadzkirah: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berdasarkan Pendekatan Kontekstual (Jakarta : Grafindo Persada : 2005)
Ainun Rafiq Shahih Tamhid, Apa itu al-Qur’an, Imam As-Syuyuthi(Jakarta : Gema insan, 2002)
al Qaththan Syaikh Manna’ , Pengantar Studi Ilmu al-Qur’an, terj., Aunur Rafiq El Mazni, (Jakarta: Pustaka al kautsar, 2012), Cet. Ke 7
Al-Bakry Abdul Qadir, Fungsi dan pentingnya Pengajaran Al-Qur’an (Semarang : Yayasan Pendidikan Al-Qur’an Raudatul Mujawwidin 1998)
al-Qarni Abdullah ‘Aidh, The Way of al-Qur’an. (Jakarta: Grafindo Khazanah Ilmu.2007)
Anis Fauji dan Rifyal Ahmad Lughowi, Pembelajaran Miqro, (Serang: Iain Press, 2009)
Anwar Rosihon, Akidah Akhlak, (Bandung : Pustaka Setia, 2008), Cet ke-1
Arikunto Suharsimi, Metode Pembelajaran, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2009
_______________, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2013)
Arsyad dan Salahuddin, Hubungan Kemampuan Baca Al-Qur’an dan Minat belajar Pendidikan Agama Islam, EDUKASI, jurn al penelitian Pendidikan dan Keagamaan, Vol.16, tahun 2018
As’ad Umam, Buku Iqra, Cara cepat belajar dan membaca Al-Qur’an, (Balai Litbang LPTQ: Yogyakarta, 2012)
Bukhori, Shohih Al-Bukhori, (Nasyran: Maktabah Rusyd, 256)
Darka Ahmad, Bagaimana mengajar Iqra dengan benar, (Jakarta : CV Tunas Utama, 2009)
Darmadi, Pengembangan Model Metode Pembelajaran dalam dinamika belajar Siswa, (Deepublish :Yogyakarta, 2017)
Departemen Agama, al-Qur’an dan Terjemah. (Jakarta: Depag RI. 2006)
Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran (Jakarta, Rineka Cipta : 2009)
Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama Ri “Undang-undang RI No.20 tentang system Pendidikan Nasional “dalam Undang-undang dan peraturan pemerintah Ri tentang Pendidikan (2006)
Drajat Zakiyah Dkk, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, (Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2009)
Emsoe Abdurrahman dan Apriyanto Ranoedarsono, The Amazing Stories of al-Qur’an. Sejarah yang harus dibaca (Bandung: Salamadani.2009)
Fathani Abdul Halim, Al-Qur’an dalam Fuzzy Clustering (Jakarta: Lintas Pustaka. 2007)
Giftia Gina, Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Melalui Metode Tamam pada Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Bandung, Jurnal Sains, Edisi Juli 2014 Vol.VIII No.1
Hakim Abdul, Metode Pembelajaran, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2008)
Hamalik Oemar, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta, Bumi Aksara: 2005
Hamid Syamsul Rijal. Buku Pintar Agama Islam. (Bogor: Cahaya Salam. 2011). Cet V
Hanafi Hadild dkk, Profesionalisme Guru dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran di Sekolah, (Sleman : PT. CV Budi Utama, 2012)
Hanum Alifa, Kolerasi antara minat belajar dengan prestasi belajar dalam mata pelajaran Qur’an Hadist Madrasah Tsanawiyah Ta’lim Al-Mubtadi Cipondoh, Jurnal Pendidikan Agama Islam UIN Jakarta.
Imroatun,Hj. Hunainah, Yayah Rukhiyah, Ipah Apipah,Al.Mudarris (2021), Perbedaan Tingkat Pengenalan Huruf Hijaiyyah Melalui Metode Iqro pada kelas A Taman Kanak-Kanak, Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam vol.4.
Imam Jalaluddin al Mahalli dan Imam Jalaluddin as Suyuthi, Tafsir Jalalain.Ter. Bahrun Abubakar, Lc (Bandung: Sinar Baru algensindo.2008) jilid 4, cet 11,
Jahja Yudrik, Psikologi Perkembangan, (Jakarta : Pena Media Group, 2011),
Khan Abdul Majid, Praktikum Qira’at keanehan bacaan Al-Qur’’an Qir’at Ashim dari Hafsah, (Jakarta : Amzah, 2013)
Komari Al-Muqoddimah, Metode Pengajaran Baca Tulis Al-qur’an dari : www.wahdah.or.id/WIS/image/stories, diakses pada 20 februari 2020
Kurniawan Agung, Efektivitas Metode Baca Tulis Al-Qur’an, Tesis Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2010
Majid Abdul, Belajar dan Pembelajaran Pendidkan Agama Islam (Bandung, Rosdakarya: 2012).
Moeloeng Lexy J, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Rosdakarya, 2007),
Muhsin Ali, Peran Guru dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Qur’an di TPQ Miftahul Ulum Jombang. Jurnal Al-Murabbi, Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang, Vol. 2 No. 2 Juni 2017
Nadhiroh Yahdinil Firdha, Psikologi Belajar dan Mengajar, (Serang : DInas Pendidikan Provinsi Banten, 2014)
Poerwadaminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta : Balai Pustaka, 1984),
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2006)
Shihab M.Quraish, Membumikan Al-Qur’an: fungsi dan peran wahyu dalam kehidupan Masyarakat (Bandung: Mizan, 2004)
Silalahi Ulber, Metode Penelitian Sosial, (Bandung: Refika Aditama, 2012)
Sudjana Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Bandung: Remaja). 2009.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuntitatif, Kualitatif, R & D), (Bandung: Penerbit Alfbeta, 2010)
_______, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (Bandung : Alfabeta, 2008)
________, Metodologi Penelitian Manajemen, (Bandung : Alfabeta, 2013)
Sukmadinata Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2007)
Syah Muhibin, Psikologi Belajar, (Jakarta : Rajawali Press, 2000)
Tamhid Ainun Rafiq Shahih, Apa itu al-Qur’an, Imam As-Syuyuthi (Jakarta : Gema insan, 2002)
Wahid, Muhammad Rifa Pemanfaatan Media Digital Al-Qur’an dalam Meningkatkan Minat Belajar Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al Hasanah Kelurahan Sidokompul Kec. Gresik, Jurnal Tadrisuana, Jurnal Pendidikan Islam dan Kajian Keislaman STIT Raden Santri Gresik, 2013





