PENDIDIKAN KARAKTER DAN KETELADANAN GURU DALAM KEPRIBADIAN SISWA
Analisa Perbandingan MTs Alghifari dan Al Bina Pandeglang
DOI:
https://doi.org/10.32678/qathruna.v8i2.5306Kata Kunci:
Pembinaan, Karakter, Keteladanan Guru, Kepribadian SiswaAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pendidikan karakter yang diberikan guru dalam pembinaan kepribadian siswa 2) Untuk mengetahui keteladanan guru dengan cara menanamkan nilai-nilai akhlak dalam pembinaan kepribadian siswa 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat untuk pemberian bimbingan dan tuntunan akhlak kepada siswa dan faktor pendukung dan penghambat untuk pemberian bimbingan dan tuntunan akhlak kepada siswa dan 4) Untuk mengetahui perbandingan cara penanaman guru PAI dalam Pembinaan kepribadian siswa MTs al Ghifari Karangtanjung dan MTs Al Bina Cadasari Pandeglang. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Waktu penelitian sekitar 4 bulan, bertempat di MTs al Ghifari Karangtanjung dan MTs Al Bina Cadasari Pandeglang. Dalam mengumpulkan informasi dari informan, baik tertulis maupun secara lisan, peneliti mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara mendalam terhadap 14 orang informan yang terdiri dari 2 kepala madrasah, 6 orang guru dan 6 orang peserta didik, serta dokumentasi, kemudian dianalisis dan diolah dengan teknik reduksi, menyajikan data sekaligus memverifikasi sehingga dapat mengacu kepada tujuan penelitian yang dimaksud. Hasil penelitian, 1) pendidikan karakter yang diberikan guru dalam pembinaan kepribadian siswa melalui pembelajaran dengan membiasakan sikap dan teladan Rasulullah SAW; 2) keteladanan guru dengan cara menanamkan nilai-nilai akhlak dalam pembinaan kepribadian siswa MTs al Ghifari Karangtanjung dan MTs Al Bina Cadasari Pandeglang melalui disiplin dan tanggungjawab baik dalam proses ataupun di luar pembelajaran; 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam memberikan bimbingan dan tuntunan akhlak kepada siswa dilakukan dengan mempersiapkan kondisi yang memungkinkan terbentuknya kesalihan individu dan sosial; 4) Untuk mengetahui perbandingan cara penanaman guru PAI dalam Pembinaan kepribadian siswa MTs al Ghifari Karangtanjung dan MTs Al Bina Cadasari Pandeglang melalui kegiatan-kegiatan positif untuk membantu peserta didik memperlancar proses pembelajaran menuju keberhasilan.
Unduhan
Referensi
Apud. “Penguatan Karakter Santri Di Sekolah Berasrama.” In Proceeding of Annual International Conference on Islamic Education and Language: The Education and 4.0, 374–384. Serang: FITK UIN SMHB Serang, 2019.
Arifin, M. Ilmu pendidikan Islam : tinjauan teoretis dan praktis berdasarkan pendekatan interdisipliner, 2014.
Azra, Azyumardi, and Idris. Thaha. Pendidikan Islam : tradisi dan modernisasi di tengah tantangan milenium III. Jakarta; UIN Jakarta Press: Kencana ;, 2012.
Berkowitz, M.W.&Bier, M.C. What Works In CharacterEducation: A Re-Search-Driven Guide for Educators. Washington DC: Univesity of Missouri St Louis, 2005.
Chasanumar, M. Ali. Al Quran Dan Perkembangan Nasional. Pekalongan: CV Bahagia, 2012.
Daulay, Haidar Putra, and Nurussakinah Daulay. Pendidikan Islam di era global, 2015.
E. Mulyasa. “Menjadi guru profesional: menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan.” Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Fitriana, Susi. “Konsep Kepribadian Guru Menurut Zakiah Daradjat.” Muslim Heritage Muslim Heritage 4, no. 2 (2019): 281–300.
Hunainah. “Implementation of Inclusive Education Model in Primary School at Serang City.” IJLD International Journal of Learning and Development 7, no. 3 (2017): 36.
Ika Hariani, Syaukani, Zulheddi. “Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik SMP IT Kabupaten Deli Serdang.” AT-TAZAKKI: Vol. 3 No. (n.d.): 21–35.
Jamal Ma’mur Asmani. Nternalisasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: Diva Pres, 2013.
Lexy J. Moleong. Metodologi penelitian kualitatif. Jakarta: Depdikbud, 2014.
M. Bahri, Musthofa. “Upaya Guru Dalam Pengembangan Kecerdasan Emosional Anak. Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama (MINU) Waru I Sidoarjo Jawa Timur,” 2012.
Manpan Drajat. Etika Profesi Guru,. Bandung: Alfabeta, 2014.
Mohamad Surya, Abdul Hasim, Rus Bambang Suwarno. “Landasan pendidikan: menjadi guru yang baik.” Jakarta: Ghalia Indonesia, 2010.
Muchlas Samani, Hariyanto. “Konsep dan model pendidikan karakter.” Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.
Murtadho, M, and Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Agama dan Keagamaan (Indonesia). Pendidikan karakter di pesantren : edisi madrasah tsanawiyah, 2017.
Muslich, Masnur. “Pendidikan karakter: menjawab tantangan krisis multidimensional.” Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Nasution, S. “Didaktik asas-asas mengajar.” Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Nata, Abuddin. Akhlak tasawuf. Jakarta: Rajawali Pers, 2010.
Novak, Michael. Experience Of Nothingness. [Place Of Publication Not Identified]: Routledge, 2017.
Raharjo, Sabar Budi. “Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia.” JPNK Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 16, no. 3 (2012): 229.
Ramayulis. Sejarah pendidikan Islam : napaktilas perubahan konsep, filsafat, dan metodologi pendidikan Islam dari era Nabi SAW sampai ulama Nusantara. Jakarta: Kalam Mulia, 2012.
Royhatudin, Aat, Supardi Supardi, and Juhji Juhji. “Transformational Leadership Style in Implementing Madrasa Based Management.” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen PendidikanTarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 6, no. 01 (2020): 69.
Said Hamid Hasan dkk. Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas Badan Litbang Pusat Kurikulum, 2010.
Samani Muclas dan Hariyanto. Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Sudjana, D. Manajemen program pendidikan untuk pendidikan luar sekolah dan pengembangan sumber daya manusia. 4th ed. Bandung: Falah Production, 2012.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendeketan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2013.
Syah, Muhibbin. “Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru.” Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Syaiful Bahri Djamarah. Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif : suatu pendekatan teoretis psikologis. Jakarta : Rineka Cipta, 2005.
Tafsir, A, and Tedi. Priatna. Cakrawala pemikiran pendidikan Islam. 3rd ed. Bandung: Mimbar Pustaka, 2014.
Tafsir, Ahmad. Ilmu pendidikan dalam perspektif Islam, 2011.
Tohirin. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Pt Rajagrafindo Persada, 2013.
Warif, Muhammad. “Strategi Guru Kelas dalam Menghadapi Peserta Didik yang Malas Belajar.” JT TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam 4, no. 01 (2019): 38–55.
Wasehudin. (2017). Pola Pendidikan Karakter Pondok Pesantren Manahijussadat Banten. Al Qalam, Vol. 34(2), 337-357.
Wasehudin. (2018). Menggagas Nilai-Nilai Pendidikan Humanis Dalam Maqasid Al-Syari’ah. Tazkiya, Vol. 19(2), 68-79.
Wasehudin. (2018). Perspektif Al-Qur’an Dan Undang-Undang Tentang Guru Profesional. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, Vol. 5(1), 86-96.
Wibowo, Agus, and Gunawan. Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di sekolah : konsep, strategi, dan implementasi, 2015.





