PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN RELIGIOSITAS PERILAKU KESEHARIAN DI PONDOK PESANTREN DAAR EL-QOLAM
Penelitian di Kelas IX MTs Daar El-Qolam 1
DOI:
https://doi.org/10.32678/qathruna.v8i2.5303Kata Kunci:
Pembentukan Religiositas, Perilaku Keseharian Santri, Pondok PesantrenAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui alasan dilakukan Pembentukan Religiositas dan Perilaku Keseharian Santri di MTs Daar El Qolam Gintung. 2) mengetahui perilaku keseharian santri di MTs Daar El Qolam Gintung. 3) mengetahui upaya guru Aqidah Akhlak dalam membentuk Religiositas dan Perilaku Keseharian di MTs Daar El Qolam Gintung. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan sumber penelitian adalah pimpinan,pondok pesantren, kepala bagian pengasuhan, kepala bagian ibadah, kepala sekolah, guru/pengajar dan santri. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan mengunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Temuan dalam penelitian ini adalah Peran guru aqidah akhlak dalam membentuk religiositas perilaku keseharian siswa MTs Daar El Qolam 1 Gintung, 1) sebagai pembimbing, guru aqidah akhlak memotivasi dan memberi nasihat kepada peserta didik untuk selalu berbuat baik. 2) berperan sebagai pendidik yakni mengajarkan sesuai dengan norma dan aturan. 3) sebagai Evaluator, guru aqidah akhlak selalu menegur dan memberi nasihat peserta didik yang melanggar aturan, memberi sanksi kepada peserta didik yang melanggar tata tertib. Diharapkan penelitian ini bermanfaat untuk Pondok pesantren Daar el-Qolam khususnya dan juga bermanfaat bagi lembaga pendidikan lainnya sehingga dapat dilaksanakan dengan baik dan benar.
Unduhan
Referensi
Putriani, Yolanda Hani. 2015. Jurnal JESTT. Pola Perilaku Konsumsi Islami Mahasiswa Muslim Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Airlangga Ditinjau dari Aspek Religiositas. Vol. 2 No. 7 Juli. Surabaya: Universitas Airlangga.
Rosyadi, Khoiron. 2004. Pendidikan Profetik Jakarta: Pustaka Pelajar.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standars Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Siregar, Khairil Ikhsan. Kesederhanaan Pribadi Nabi Muhammad dan Aplikasi dalam fakta Sosial (Sebuah Kajian Nilai Al Qur’an dan Hadis), Jurnal Studi Al-Qur’an, Vol 9, No 1, 2013.
Soetjiningsih. 1995. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan (KDT).
Straus, Anselm and Juliet Corbin. 2003. Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kualitatif , Kuantitatif dan Kombinasi. Bandung : Alfabeta.
Sumardi, Mulyanto. 1978. Sejarah Singkat Pendidikan Islam di Indonesia 1945-1979. Jakarta: Dharma Bakti.
Supardi. 2009. Profesi Keguruan. Jakarta: Diadit Media.
Suralaga, Fadhillah. 2005. Psikologi Pendidikan dalam Persepektif Islam. Jakarta: UIN Jakarta Press, Cet. 1.
Sutoyo dan Anwar, dkk. 2013. Bimbingan Konseling Islami (Teori Dan Praktik). Yogyakarta: Pustaka Utama.
Syaodh, Nana. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung, Remaja Rosdakarya.
Syarifudin, Tatang. 2009. Landasan Pendidikan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia, Cet. 1.
Tarigan, Jacobus. 2007. Religiositas Agama dan Katolik. Jakarta: Grasindo Amazon.
Undang-Undang Sisdiknas, No 14. 2016. Bandung, Citra Buana.
Usman, Moh Uzer. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, Cet. 23.
Wasehudin. (2017). Pola Pendidikan Karakter Pondok Pesantren Manahijussadat Banten. Al Qalam, Vol. 34(2), 337-357.
Wasehudin. (2018). Menggagas Nilai-Nilai Pendidikan Humanis Dalam Maqasid Al-Syari’ah. Tazkiya, Vol. 19(2), 68-79.
Wiriatmadja, Rochiati. 2012. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yusuf, A Muri. 1994. Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Ghalia Indonesia.





