IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL UNTUK MEMPERBAIKI PERILAKU SANTRI

Studi Kasus di MTs Pesantren Daar El Qolam 4

Penulis

  • Syaiful Anwar SMP Tunas Harapan, Jakarta Barat SMP Tu

DOI:

https://doi.org/10.32678/qathruna.v8i1.4854

Kata Kunci:

Pendidikan Agama Islam, Pondok Pesantren, Multikultural

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui model penanaman nilai-nilai multikultural di Pondok Pesantren Daar El Qolam. 2)  mengetahui implementasi  nilai-nilai multikultural yang terdapat di Pondok Pesantren Daar El Qolam.3)  mengetahui dampak penanaman dan implementasi nilai-nilai multikultural terhadap  terhadap kepribadian siswa di Pondok Pesantren Daar El Qolam . Jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan sumber penelitian adalah pimpinan,pondok pesantren, kepala bagian pengasuhan, kepala bagian ibadah, kepala sekolah, guru/pengajar dan santri. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan mengunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Temuan dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan multikultural yang terdapat di Pondok Pesantren daar el-Qolam adalah metode keteladanan dan metode pembiasaan, Dampak dari penanaman pendidikan multikultural ini tumbuhnya sikap saling toleransi, menghormati dan menerima pemdapat orang lain, saling bekerjasama tidak bermusuhan dan tidak adanya konflik karena perbedaan budaya, suku, Bahasa, adat istiadat .Diharapkan penelitian ini bermanfaat untuk Pondok pesantren Daar el-Qolam khususnya dan juga bermanfaat bagi lembaga pendidikan lainnya sehingga pendidikan multikulural dapat dilaksanakan dengan baik dan benar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-12

Terbitan

Bagian

Articles