IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PAI

Telaah Buku Teks PAI dan Budi Pekerti Terbitan Kemendikbud 2017 di SMK Negeri 12 Kab. Tangerang

Penulis

  • Annisa Nur Awaliyah Amri SDN Cengkareng Timur 21 Pagi
  • Ali Muhtarom UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/qathruna.v8i1.4798

Kata Kunci:

Nilai Pendidikan Multikultural, Buku Teks PAI, Budi Pekerti, Implementasi Pembelajaran

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan temuan nilai-nilai pendidikan multikultural yang terdapat pada buku teks PAI & Budi Pekerti tahun 2017 tingkat SMA yang dapat diterapkan di SMK Negeri 12 Kab. Tangerang. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat nilai pendidikan multikultural dalam buku teks PAI & Budi Pekerti tahun 2017 tingkat SMA, dan bagaimana penerapan nilai pendidikan multikultural di SMK Negeri 2 Kab. Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dan sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari buku mata pelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti tahun 2017 tingkat SMA. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang pentingnya penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural dalam buku teks PAI tahun 2017 di SMK N 12 Kab. Tangerang. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Nilai multikultural yang dikembangkan dalam buku ialah nilai demokrasi, toleransi, kesetaraan gender, dan keadilan. 2) Pelaksanaan Pembelajaran PAI yang diintegrasikan dengan nilai multikultural dilakukan melalui penyusunan RPP, proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. 3) Implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru telah disesuaikan dengan RPP, langkah-langkah yang dilakukan guru dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu: Nilai demokrasi, Nilai toleransi, dan Nilai keadilan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-08

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama