PERAN GURU DAN BUDAYA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA

Studi Kasus di MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju

Penulis

  • Robbi Shiddiq Madrasah Aliyah Sukamaju, Kabupaten Lebak

DOI:

https://doi.org/10.32678/qathruna.v7i2.3536

Kata Kunci:

peran guru, budaya sekolah, pendidikan karakter

Abstrak

Pendidikan yang diajarkan dalam Islam adalah pendidikan yang dilandasi oleh iman dan taqwa yang fungsinya agar manusia dapat kembali kepada fitrahnya. Kepribadian seorang siswa akan dengan cepat terbentuk dan terwarnai melalui proses sosialisasi di dalam kehidupannya yang berlangsung dalam bentuk budaya sekolah,dan interaksi dengan gurunya. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan peran guru dalam pengembangan karakter siswa di MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju, (2) Untuk mendeskripsikan program pengembangan yang dapat membentuk karakter di MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju (3) Untuk menganalisis dampak program kegiatan terhadap pembentukan karakter siswa di MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju dan (4) Untuk menganalisis efektivitas kebijakan program dalam pemebentuk karakter siswa di MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui secara obyektif  peran guru dan budaya sekolah dalam pengembangan karakter siswa di MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa. Peran guru MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju sangat membentuk karakter siswa yang baik yaitu dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dengan cara menjadi pendidik, pengajar dan sekaligus pembimbing. Budaya sekolah mempengaruhi pembentukan karakter siswa mereka dimana terciptanya lingkungan yang menjunjung moral siswa, kebijakan program pendidikan karakter di MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju telah melakukan perencanaan pendidikan karakter dengan penyusunan rencana strategis yang memuat visi dan misi serta tujuan.. Dampak keberhasilan pengelolaan pendidikan karakter dirasakan oleh MTs Mathla’ul Anwar meningkatnya kepercayaan orang tua menyekolahkan putera-puterinya di sekolah ini. Kedua, meningkatnya jumlah lulusan yang dapat diterima di dalam lingkungan masyarakat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-15

Terbitan

Bagian

Articles