IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAK PESERTA DIDIK

Studi Multisitus di SMPs Al Ishlah dan SMA Al Ishlah Sukadiri Kabupaten Tangerang

Penulis

  • Muhamad Irfan SMA Al Ishlah Kabupaten Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.32678/qathruna.v7i2.3535

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran PAI, Akhlak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan implementasi model pembelajaran kontekstual pada pembelajaran pendidikan agama Islam tentang rasa tanggung jawab kepada peserta didik di SMPS dan SMA Al Ishlah Sukadiri; (2) mendeskripsikan implementasi model pembelajaran kontekstual pada pembelajaran pendidikan agama Islam tentang situasi sosial kepada peserta didik di SMPS dan SMA Al Ishlah Sukadiri; (3) mendeskripsikan  implementasi model pembelajaran kontekstual pada pembelajaran pendidikan agama Islam tentang mengurangi ketegangan dan kecemasan kepada peserta didik di SMPS dan SMA Al Ishlah Sukadiri; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multisitus. Dalam penggunaan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Metode yang dilakukan guru dalam memberikan pembelajaran tanggung jawab kepada peserta didik yaitu dengan Memberikan peringatan dan hukuman kepada peserta didik yang tidak dapat bertanggung jawab terhadap dirinya dengan hukuman yang positif yaitu mengahafal surat-surat pendek dan membaca istighfar. (2) Metode yang dilakukan guru dalam memberikan contoh tentang situasi sosial kepada peserta didik yaitu dengan memberikan cerita tentang peristiwa yang sesuai dengan materi pembelajaran pendidikan agama Islam yaitu empati baik secara langsung maupun dengan menggunakan media pembelajaran, selain itu juga dengan memberikan nasehat dan tugas kelompok. (3) Metode yang dilakukan guru dalam memberikan pembelajaran tentang mengurangi rasa ketegangan dan kecemasan kepada peserta didik yaitu dengan memberikan kesan yang nyaman ketika masuk kelas, memberikan ketenangan melaui perenungan dengan mengajak peserta didik untuk selalu mengingat Allah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-15

Terbitan

Bagian

Articles