IMPLEMENTASI NILAI – NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DAN TASAWUF DALAM KITAB NASHOIHUL ‘IBAD PADA PONDOK PESANTREN

PENELITIAN DI PONPES ASSAYFIYAH RANGKASBITUNG KABUPATEN LEBAK BANTEN

Authors

  • HOIRUL PAKIH

Keywords:

Implementasi, Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dan Tasawuf, Kitab Nashoihul Ibad

Abstract

Akhlak sebagian  santri saat ini  memprihatinkan. Indikasinya dapat dilihat  dari sering terjadinya gasab menggasab, tidak jujur dalam berkata, iri hati, melanggar peraturan pondok, dan akhlak tidak terpuji lainnya.  Pondok pesantren identik sebagai tempat pendidikan dan pengembangan  akhlakul karimah bagi santri. Artikel ini menjelaskan implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak dan tasawuf dari kitab Nashoihul Ibad di Pondok Pesantren Assayfiyah Rangkasbitung Lebak tahun 2016. Kesimpulal hasil penelitian ada 5 nilai yaitu (1) keimanan, (2) kesabaran, (3) dzikir, (4) bersikap lemah lembut, dan (5) tawadhu’. Sedangkan 2 yang lainnya yaitu (1) zuhud dan (2) keutamaan diam/menjaga lisan belum dapat diimplementasikan di Pondok pesantren Assayfiyah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-12-13