IMPLEMENTASI SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI YAYASAN NURUL FALAH KECAMATAN PETIR KABUPATEN SERANG BANTEN
Kata Kunci:
Alat pendidikan, Materi Pelajaran, Lingkungan pendidikan, Pendidik, Peserta DidikAbstrak
Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan data-data yang ada untuk menggambarkan realitas sesuai dengan fenomena yang sebenarnya. Jenis dalam penelitian ini berbentuk penelitian lapangan (field research) dengan alasan penelitian ini dilakukan sebagai salah satu metode pengumpulan data dalam penelitian kualitatif yang tidak memerlukan pengetahuan mendalam akan literatur yang digunakan dan kemampuan tertentu dari pihak peneliti. Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan fenomenologis, karena terkait langsung dengan gejala-gejala yang muncul di sekitar lingkungan manusia yang terorganisasir dalam satuan pendidikan formal. Kesimpulan besar yang menunjukan bahwa Implementasi Sistem Pendidikan Islam ditinjau dari sisi tujuan, anak didik, Pendidik, Materi, alat pendidikan dan lingkungan pendidikan. Hambatan implementasi sistem pendidikan yaitu; tujuan masih semu dan euphoria, rekrutmen pegawai menerapkan azas keluarga sentris, penerimaan siswa baru yang tidak jelas, Kurangnya animo masyarakat, Kurikulum belum memasukkan muatan lokal keagamaan, belum memiliki pelajaran ‘ke-Nurul-falah-an’. Sarana belum memadai, Pendanaan yang serba terbatas. Tidak berjalannya public relation, promosi dan marketing. Upaya yang dilakukan; Menentukan tujuan pendidikan yang tepat, Rekrutmen tanaga pendidik dan kependidikan ideal, mengembangkan jenjang karier, Rekrutmen siswa yang baik, melaksanakan public relation, promosi dan marketing.





