Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Mistar Hitung Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat

Authors

  • Winda Aryani Jurusan PGMI UIN SMH Banten
  • Mansur Mansur FTK UIN SMH Banten

Keywords:

Alat Peraga Mistar Hitung, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga mistar hitung terhadap hasil belajar siswa pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di SDN Graha Cisait. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu, sedangkan desain penelitiannya menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest kelas kontrol 51.90 dan rata-rata nilai posttest 60.29. Sehingga peningkatan rata-rata nilai untuk kelas kontrol yaitu 8.39 diperoleh dari selisih antara nilai pretest dan posttest. Sedangkan rata-rata nilai pretest kelas eksperimen 52.39 dan rata-rata nilai posttest 69.76. Sehingga peningkatan rata-rata nilai untuk kelas eksperimen yaitu 17.37. Sedangkan, hasil perhitungan N-Gain pada kelas eksperimen dan hasil pretest dan posttest maka didapatkan N-Gain terletak pada hasil 0,30 < N-Gain < 0,70 tersebut. N-Gain yang didapat
pada kriteria sedang yaitu 0,438. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan alat peraga mistar hitung dengan yang tidak menggunakan alat peraga mistar hitung.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Winda Aryani, Jurusan PGMI UIN SMH Banten

Alumni Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Mansur Mansur, FTK UIN SMH Banten

Pengajar pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Published

2017-07-11

How to Cite

Aryani, W., & Mansur, M. (2017). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Mistar Hitung Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(1), 55 –78. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary/article/view/417

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)