Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat dalam Pembelajaran IPA

Authors

  • Juhji Juhji PGMI FTK IAIN SMH Banten

Keywords:

Pembelajaran IPA, Sains Teknologi Masyarakat

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam sebagai salah satu mata pelajaran di madrasah erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari peserta didik dalam dalam masyarakat. Kecenderungan saat ini, pembelajaran IPA disampaikan secara konvensional dimana peserta didik hanya mempelajari IPA sebagai produk, menghafalkan konsep, teori, dan hukum. Dalam hal ini, guru masih cenderung menggunakan model pembelajaran langsung, karena dinilai lebih praktis dan mudah mencapai tujuan pembelajaran. Akibatnya, pembelajaran lebih berpusat pada guru, sehingga pembelajaran IPA sebagai proses, sikap dan aplikasi tidak tersentuh dalam pembelajaran. Model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat merupakan model pembelajaran yang berusaha untuk menyajikan IPA dengan menggunakan masalah-masalah dari dunia nyata, memanfaatkan konteks sosial untuk menggali dan menganalisis isu, serta memecahkan masalah sebagai dampak dari sains dan teknologi. Milsanya aplikasi dalam penggunaan Sains Teknologi Masyarakat adalah bioteknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Juhji Juhji, PGMI FTK IAIN SMH Banten

Dosen PGMI FTK IAIN SMH Banten

Published

2017-01-16

How to Cite

Juhji, J. (2017). Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat dalam Pembelajaran IPA. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 8(1), 25–34. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary/article/view/144

Issue

Section

Articles