PERAN AKSI CEPAT TANGGAP (ACT) CABANG JAKARTA BARAT DALAM PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN MELALUI MASYARAKAT RELAWAN INDONESIA (MRI)

(Studi Kasus Program Rumah Belajar Ceria (RBC) Kalideres Jakarta Barat)

Authors

  • Fikri Sabilah Relawan Program Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Jakarta Barat

DOI:

https://doi.org/10.32678/lbrmasy.v8i2.2183

Abstract

Aksi Cepat Tanggap (ACT) adalah suatu Lembaga kemanusiaan professional global, yang melakukan aksi kemanusiaan serta membantu mensejahterakan masyarakat dan Lembaga tersebut mempunyai segi kerelawanan yaitu yang bernama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI). Dalam hal ini MRI mempunyai program pendidikan yang tentunya sangat membantu masyarakat dari segi pendidikan. Karenanya, MRI melalui program Rumah Belajar Ceria Kalideres mencoba membantu pemerintah dengan program pendidikan untuk memberdayakan masyarakat Kampung Bulak Teko Kelurahan Kalideres dengan program tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tahapan program pemberdayaan pendidikan melalui RBC. Penelitian pada artikel ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa adanya program tersebut maka keberhasilan yang didapat dari program pemberdayaan pendidikan pada RBC yang dijalankan oleh MRI sesuai dengan visi dari MRI yaitu mewujudkan peradaban dunia yang lebih baik dengan menjadi organisasi kerelawanan global profesional maka dari itu MRI mewujudkan visi tersebut dalam program pemberdayaan Pendidikan melalui RBC.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwianti, I. N., Rekha, R. ulianti dan, & Rahayu, E. T. (2021). Pengaruh Media Power point dalam pembelajaran jarak jauh terhadap aktivitas Kebugaran jasmani siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan

Kusumastuti, Adhi dan Ahmad Mustamil Khoiron. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).

Muhardi. (2004). Kontribusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. Ejournal Unisba

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Cakra Books.

Siyoto, Sandu dan M. Ali Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup (ed.); Cetakan 1). Literasi Media Publishing.

Slamet Sukir. (2018). Rumah Belajar Cinta Bimbingan Belajar Berkarakter di Rumah Belajar Erlangga. PT. MediaGuru Digital Indonesia.

Sumarni dan Erviana Abdullah. (2019). Pendampingan Minat Sekolah " Anak Petani " Berbasis Pemberdayaan Masyarakat dalam Pendidikan Non Formal. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sosiosaintifik.

Syahrum dan Salim. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif Citapustaka Media.

Downloads

Published

2022-12-31 — Updated on 2022-12-31

Versions