Harmoni Keluarga Islami: Keadilan Gender dalam Pola Pengasuhan Anak
DOI:
https://doi.org/10.32678/jsga.v10i02.9392Keywords:
Islam; KeadilanIslam; Gender; Pengasuhan AnakAbstract
Pola pengasuhan anak di keluarga masyarakat Indonesia, termasuk masyarakat muslim telah banyak ditemukan ketidaksetaraan gender akibat hambatan budaya budaya masyarakat keyakinan orang tua yang diterapkan dalam pengasuhan mereka dalam keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola asuh yang berkeadilan gender berlandaskan ajaran Islam dalam mewujudkan keharmonian keluarga Islami, serta mengungkap aspek-aspek ketidaksetaraan gender. Penelitian ini menggunakan pendekatan literatur riview dengan metode analisis literatur review yang meninjau penelitian yang relevan sesuai topik bahasan. Hasil penelitian menunjukkan pola pengasuhan yang berkeadilan gender anak terdiri dari empat indikator pemberian kesempatan yang sama, yakni: (1) Mengakses sumber daya fisik; (2) Berpartisipasi dalam setiap kegiatan rumah; (3) Pengambilan kontrol keputusan dan tanggung jawab memilih pekerjaan rumah melalui sistem kesalingan. Pengasuhan yang tidak berkeadilan gender akan menerapkan aspek ketidaksetaraan, yaitu: (1) Stereotip pelabelan peran gender pantas-tidak pantas; (2) Subordinasi; (3) Marginalisasi. Kesimpulan penelitian ini adalah perubahan keharmonian keluarga dapat dilakukan dengan menciptakan pengasuhan terbaik yang berkeadilan gender agar semakin meningkatkan perkembangan potensi diri anak menjadi lebih mandiri, percaya diri, cerdas, dan berkarakter dan berwatak mulia. Orang tua memiliki hak dalam memilih bentuk pengasuhan, tetapi akan lebih baik jika dalam pengasuhan tidak ada tuntutan kebutuhan anak dalam bersikap, percaya diri, dan kemampuan yang dimiliki sesuai gendernya dari hasil keyakinan budayanya.
Downloads
References
Adib, M. A., & Mujahidah, N. (2021). Konsep Mubadalah Faqihuddin Abdul Kodir Dan Formulasinya Dalam Pola Pengasuhan Anak. Fokus:Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan, 6(2), 171–192. https://doi.org/http://doi.org/10.29240/jf.v6i2.3412
Al-Qur’an Dan Terjemahnya Dengan Transliterasi.
Anti, A. M. E. (2021). Budaya Patriarki Keluarga Kiai Dan Dampaknya Pada Pola Asuh Anak Di Pondok Pesantren Darus Sa’adah Desa Brumbung Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak Tahun 2021. Arsip Online Perpustakaan UIN Salatiga. http://perpus.iainsalatiga.ac.id/lemari/fg/free/pdf/?file=http://perpus.iainsalatiga.ac.id/g/pdf/public/index.php/?pdf=12350/1/ACC SKRIPSI MELLEINIA EVA
Dewi, S. M. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Responsif Gender di PAUD Ainina Mejobo Kudus. THUFULA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 1(1), 119–152. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2698735
Heryana, A. (2021). Jenis-jenis Studi Literature Review. ResearchGate, March, 1–4. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.36077.72167
Komalasari, M. A., Sayuti, R. H., & Evendi, A. (2022). Penguatan Kepercayaan Diri Perempuan Pesisir Untuk Berperan Dalam Pembangunan Desa. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(3), 674–681. https://doi.org/10.24912/JBMI.V5I3.21170
Lura, H. (2019). Keadilan, Gender Dan Keluarga. KINAA : Jurnal Teologi, 4(2), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.0302/kinaa.v4i2.1048
Mufaro’ah, I., Sumarni, T., & Sofiani, I. K. (2019). Pengaruh Gawai Dalam Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Usia Dini (Studi Kasus Orang Tua dari Anak Usia 5 Tahun di TKIT Ibu Harapan Kecamatan Bengkalis). AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 11(1), 96. https://doi.org/10.35445/alishlah.v11i1.104
Nauli, V. A., Karnadi, K., & Meilani, S. M. (2019). Peran Ibu Pedagang Pasar 24 Jam Terhadap Perkembangan Moral Anak (Penelitian Studi Kasus di Kota Bekasi). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.179
Nawir, M., & Risfaisal, R. (2015). Subordinasi Anak Perempuan Dalam Keluarga. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 3(1), 29–37. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v3i1.510
Ningrat, S. B. A. (2021). Melegislasi Kesetaraan Gender Dalam Budaya Patriarki Yang Kuat. Academia.Edu. https://www.academia.edu/67074643/MELEGISLASI_KESETARAAN_GENDER_DALAM_BUDAYA_PATRIARKI_YANG_KUAT
Noya, A. (2021). Analisis Penerapan Pola Asuh Orangtua di Gereja Protestan Maluku (GPM) Klasis Masohi, Kabupaten Maluku Tengah. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE), 5, 73–80. http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/view/634/280
Nurbaiti, N. (2020). Kesetaraan Gender Dalam Pola Asuh Anak Perempuan Gayo. Alim | Journal of Islamic Education, 2(2), 137–150. https://doi.org/10.51275/alim.v2i2.181
Pamungkas, N. C. (2021). Keadilan dan Kesetaraan Gender dalam Peran Orang Tua Dalam Mengasuh Anak : Prepektif Pasangan Menikah Muda. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 3(2), 240–252. https://doi.org/https://doi.org/10.24235/equalita.v3i2.9846
Putra, A., Junaidi, F., & Fitri, Y. (2020). Kajian Gender: Sterotipe Pada Anak Dalam Keluarga. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 3(2), 251–262. https://doi.org/10.32832/OBORPENMAS.V3I2.3609
Qomariah, D. N. (2019). Persepsi Masyarakat Mengenai Kesetaraan Gender Dalam Keluarga. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 52–58. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/jpls.v4i2.1601
Rachmathya, Z. (2018). Reproduksi Patriarki pada Perempuan Peranakan Arab Alawiyyin. Universitas Negeri Jakarta. https://core.ac.uk/download/pdf/223126581.pdf
Ratnasari, D. (2022). Pola Asuh Anak Menurut Islam yang Berwawasan Gender. Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57660/
Saputra, F. W., & Yani, M. T. (2020). Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 8(3), 1037–1051. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/kmkn.v8n3.p1037-1051
Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157–170. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206
Setyowati, N. R., Kasnadi, & Hurustyanti. (2021). Budaya Patriarki dalam Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal El Saadawi. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 8(1), 14. https://jurnal.lppmstkipponorogo.ac.id/index.php/JBS/article/view/88/95
Sofiani, I. K., Mufika, T., & Mufaro’ah, M. (2020). Bias Gender dalam Pola Asuh Orangtua pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 766–777. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.300
Sonia, G., & Apsari, N. C. (2020). Pola Asuh Yang Berbeda-Beda Dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak. Jurnal Universitas Padjadjaran, Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 128–135. https://doi.org/10.24198/jppm.v7ihttps://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.274531.27453
Utami, R., Izzah, I., & Oktarina, S. (2021). Representasi Ideologi Patriarki Dalam Cerpen Kain Perca Ibu Karya Andrei Aksana. Prosiding Samasta, 700–770. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/700 – 705
Werdiningsih, W. (2020). Penerapan Konsep Mubadalah Dalam Pola Pengasuhan Anak. IJouGS: Indonesian Journal of Gender Studies, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.21154/IJOUGS.V1I1.2062
Zuhri, S., & Amalia, D. (2022). Ketidakadilan Gender Dan Budaya Patriarki Di Kehidupan Masyarakat Indonesia. Murabbi : Jurnal Ilmiah Dalam Bidang Pendidikan, 5(1), 17–41. https://www.ejournal.stitalhikmah-tt.ac.id/index.php/murabbi/article/view/100/99
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Devi Widyas Putri, Ghozali

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


