The Effect of Toilet Training To Introduce Sex Education In Early Childhood

Authors

  • Irma wati UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.32678/jsga.v10i1.6780

Keywords:

Keywords: Toilet training; Sex education; Early childhood

Abstract

ABSTRACT

 

Sexual violence in early childhood is currently becoming more and more common, making it sad for parents, educators, and education practitioners, because it will have an impact on the future of the child. This study aims to determine whether there is an effect of toilet training learning to introduce sex education to early childhood in TK Pertiwi 26-13 Bogares Kidul. The research method in this research is quantitative. The population uses 30 children. The sample of this study was taken using a saturated sampling technique where the entire population was sampled. Data were collected using a checklist. The data were analyzed using the product-moment correlation test and then carried out a significance test. Through the product-moment correlation test, the value of r is 0.70. It can be stated that the relationship between toilet training and learning influences sex education. The value of the coefficient of determination obtained from the calculation results is r2 = 70%. This shows that the sex education variable contributes 70% to sex education in children, while 30% contributed to other factors such as the environment at home. From the calculation of the coefficient significance test, the value of count > ttable (1,759 > 1,697), it can be concluded that there is an influence between toilet training learning on sex education.

Keywords: Toilet training; Sex education; Early childhood

 

ABSTRAK

 

Kekerasan seksual pada anak usia dini saat ini semakin marak terjadi hingga membuat miris bagi orang tua, pendidik, maupun praktisi pendidikan, sebab hal itu pasti akan berdampak pada masa depan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Pembelajaran toilet traning untuk mengenalkan pendidikan  seks pada anak usia dini di TK Pertiwi 26-13 Bogares Kidul. Metode penelitian dalam penelitian ini kuantitatif. Populasi menggunakan 30 anak. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh dimana seluruh populasi dijadikan sampel. Data dikumpulkan dengan menggunakan cheklist. Data dianalisis menggunakan uji korelasi product moment kemudian dilakukan uji signifikansi. Melalui uji korelasi product moment diperoleh nilai r sebesar 0,70. Dapat dinyatakan bahwa hubungan antara pembelajaran toilet traning memberikan pengaruh terhadap  pendidikan seks. Nilai koefisien determinasi yang diperoleh dari hasil perhitungan adalah r2 = 70%. Hal ini menunjukan bahwa variabel pendidikan seks memberikan sumbangan sebesar 70% terhadap Pendidikan seksl pada anak  , sedangkan 30% merupakan kontribusi dari faktor-faktor lain seperti lingkungan di rumah. Dari perhitungan uji signifikansi koefisien diperoleh nilai hitung > tabel (1,759 > 1,697), dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara pembelajaran toilet traning terhadap pendidikan seks.

Keywords: Toilet training; Pendidikan seks; Anak usia dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

References
Andika Alya. (2010). Berbicara seks bersama Anak. Pustaka Anggrek.
Apriningrum, N., Rahayu, M. A., Rahayu, S., Yanti, I., Widianingsih, N., Rofiyah, O., Juniasari, T., & Meilawathie, A. R. (2022). Program Pemberdayaan Masyarakat dalam Pencegahan Kekerasan Seksual Terhadap Anak di Kabupaten Karawang. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 5(5), 1419–1427. https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i5.5706
Arika, H. W., & Ichsan, I. (2022). Persepsi Orangtua Terhadap Pentingnya Pendidikan Seksual Anak Usia 5-6 Tahun. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 400–407. https://doi.org/10.26877/paudia.v11i1.10310
Asri Cahyanengdian. (2020). Persepsi Orang Tua Terhadap Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Pintar Harati: Jurnal Pendidikan Dan Psikologi, 15(2), 73–80. https://doi.org/10.36873/jph.v15i2.1172
Farhana Umhaera Patty, Ronald Darlly Hukubun, Sitti Aisa Mahu, Natalia Tetelepta, & Linansera, V. (2022). Sosialisasi Sex Education: Pentingnya Pengenalan Pendidikan Seks pada Remaja sebagai Upaya Meminimalisir Penyakit Menular Seksual. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 1(2), 225–231. https://doi.org/10.55123/abdikan.v1i2.293
Fitriani, D., Fajriah, H., & Wardani, A. (2021). Mengenalkan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Melalui Buku Lift the Flap “Auratku.” Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 7(1), 33. https://doi.org/10.22373/equality.v7i1.8683
Gerda, M. M., Wahyuningsih, S., & Dewi, N. K. (2022). Efektivitas Aplikasi Sex Kids Education untuk Mengenalkan Pendidikan Seks Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3613–3628. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2170
Gilbert Jane. (2013). Latihan Toilet Diterjemahkan Oleh: Widyananto Susanto. Jakarta :Erlangga.
Hardini, R. R., Sasmita, D., Mahmudah, S. R., & Daliman, D. (2022). Pengenalan Pendidikan Seks Anak Usia Dini pada Orang Tua di Masa Pandemi Covid-19. Warta LPM, 25(2), 143–151. https://doi.org/10.23917/warta.v25i2.640
Hasan, M. (2010). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Diva Press.
Hertinjung, W. S., Nurfirdausa, L., & Aulia, S. N. (2022). Peran Pola Asuh Orang Tua Dengan Penyimpangan Seksual : Literature Review. Epigram, 19(1), 98–105. https://doi.org/10.32722/epi.v19i1.4448
Hilda Zahra Lubis, samsiah nur. (2022). Implementasi Pendidikan Seks Berbasis Konsep Islam. Jurnal Pendidikan, 6(1), 42–56. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jppm.v6i1.21793
Hurlock, E. B. (2015). Psikologi perkembangan : suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (Edisi 5). Erlangga : Jakarta.
Irmawati, I., & Diana, R. R. (2022). Level of Knowledge of Self-Protection from Sexual Exploitation. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4210–4218. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1859
Ismiulya, F., Diana, R. R., & Na’imah. (2022). Analisis Pengenalan Edukasi Seks pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4276–4286. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2582
Jack Taosen. (2021). Legal standing. Jurnal Ilmu Hukum, 5(1), 113–122. https://doi.org/10.24269/ls.v6i2.5125


Kamilah, S. (2021). Analisis Konten Buku Cerita “Aku Sayang Tubuhku” sebagai Media Pendidikan Seksual untuk Anak Usia Dini. JAMBURA Early Childhood Education Journal, 3(2), 93–105.
Kartika Adyani. (2022). Poltekita : Jurnal Pengabdian Masyarakat. Poltekita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(September), 516–526. https://doi.org/10.33860/pjpm.v3i3.1008
Madani, Y. (2014). Pendidikan Seks Usia Dini Bagi Anak Muslim : Panduan Bagi Orangtua & Guru Agar Anak Tidak Menjadi Korban. Jakarta: Zahra.
Mamuroh, L., Sukmawati, S., & Nurhakim, F. (2022). Pendidikan Kesehatan Melalui Webinar Pada Orang Tua Tentang Cara Memperkenalkan Pendidikan Seks Pada Anak. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 103. https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i1.35999
Mukti, A. (2016). Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini Perspektif Islam. Harkat : Media Komunikasi Islam Tentang Gender dan Anak.
Mulyana, R. A., & Fatimah, S. S. (2022). Peran Orangtua Terhadap Pendidikan Seksualitas Anak Usia Dini. Equalita, 4(1), 30–39. https://doi.org/10.24235/equalita.v4i1.10894
Nessa, R., Mutmainnah, M., & Kurniawati, R. (2022). Upaya Meningkatkan Pemahaman Keterampilan Perlindungan Diri pada Anak Usia Dini Melalui Audio Visual di TK IT Al-Azhar Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 3257–3272. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3383%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/3383/2876
Nurul Chomaria. (2012). Pendidikan seks untuk anak. Solo : Aqwam.
Pradikto, B., Wardana, R. W., & Sofino, S. (2022). Pemahaman Pendidikan Seks Anak Usia Dini Pada Orang Tua dan Pendidik Di PAUD Delima. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 1155. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.1155-1162.2022
Pratiwi, M. R., Mukaromah, & Subhiyakto, E. R. (2022). Edukasi Seks Pada Anak Usia Dini melalui Media Digital dengan Metode StoryTelling. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(2), 269–278. https://doi.org/10.33379/icom.v2i2.1506
Pricillia, P., & Sera, C. M. (2022). PSIKOEDUKASI PENDIDIKAN SEKSUAL PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK. JPM Bakti Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat Bakti Parahita Sejarah, 6(1), 8–15.
Sarah Emmanuel Haryono. (2018). Tugas Perkembangan Manusia. Jakarta : Balai Pustaka.
Sasono, B., Sunhaji, S., Rohmad, R., ’Ulyan, M., & Aufik, M. R. (2022). Media Integration of Islamic Sex Education for Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3825–3835. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2272
Soesilo, T. D. (2021). Pelaksanaan Parenting Pendidikan Seks (Pesek) Anak Usia Dini di PAUD Tunas Bangsa Ungaran Kabupaten Semarang. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 47–53. https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p47-53
Sugijokanto, S. (2014). Cegah Kekerasan Pada Anak. Jakarta: Kompas Gramedia PT Elex Media Komputindo.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Suhasmi, N. C., & Ismet, S. (2021). Materi Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 5(02), 164–174. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3385
Talitha, R., Novta, N., Nafisah, D., & Fidiyaningrum, R. (2021). BIOGRAPH-I : Journal of Biostatistics and Demographic Dynamic Gambaran Pengetahuan tentang Kekerasan Seksual dan Mindset Al-Amien Kabupaten Jember Early Sexual Education for Parents and Teachers Al-Amien Kinderganter. BIOGRAPH-I: Journal of Biostatistics and Demographic Dynamic, 1(1), 32–42. https://doi.org/10.19184/biograph-i.v1.23374
Tenri, A. O., Syukur, M., Manda, D., Torro, S., Rahman, A., Nurlela, N., & Najamuddin, N. (2022). Sosialisasi Penerapan Pendidikan Seksual Pada Guru Taman Kanak-Kanak sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(4), 445–450. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.690
Utama, A. A., Hidayati, S. W., & Sari, I. F. (2022). Implementasi Pendidikan Seksual Pada Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam. Jurnal Ilmiah …, 8(3), 2427–2434. https://doi.org/10.36312/jime.v8i2.3739/http
Utami, L. S., & Musyarofah, S. (2021). GAMBARAN PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG KEKERASAN SEKSUAL ANAK:Studi Literatur. Peran Mikronutrisi Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19, 11 No 1(Januari), 1–8.
Venketsamy, T., & Kinear, J. (2020). Strengthening comprehensive sexuality education in the curriculum for the early grades. South African Journal of Childhood Education, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.4102/sajce.v10i1.820
Wang, C. (2022). Analysis of How Sex Education in Asia is Expressed in the Media. Proceedings of the 2021 International Conference on Public Art and Human Development ( ICPAHD 2021), 638(Icpahd 2021), 951–954. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220110.180
Wulandari, M. D., Hidayat, M. T., Sayekti, I. C., Puji, F., Chusniyah, T., Hanurawan, F., Bakhtiar, F. Y., Patriana, W. D., & Arfianto, A. (2021). Pemberdayaan Guru Dalam Program Pendidikan Seks. Abdi Psikonomi, 2(1), 135–142.

Downloads

Published

2023-06-23