Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini

Authors

  • N. Erna Marlia Susfenti

DOI:

https://doi.org/10.32678/jsga.v8i01.5858

Keywords:

Pembelajaran Bahasa Inggris, Anak Usia Dini

Abstract

Kesadaran akan pentingnya penguasaan bahasa Inggris pada era digital seperti sekarang ini, memunculkan upaya – upaya untuk mengetahui dan mempelajari bahasa tersebut sedini mungkin. Oleh karena itu, pengajaran bahasa Inggris diharapkan sudah diperkenalkan di lembaga pendidikan formal atau sekolah – sekolah anak usia dini. Hal ini tentu saja memiliki tantangan tersendiri, mengingat bahasa Inggris merupakan bahasa asing di Indonesia. Ketika sebuah bahasa asing diperkenalkan pada anak usia dini, maka pengetahuan tentang latar belakang bagaimana anak memperoleh, mempelajari, dan memahami suatu bahasa menjadi sangat penting, sehingga terciptanya sebuah metode pembelajaran yang tetap. Tulisan ini akan membahas mengenai proses pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto Suharsimi. (2007). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Dahar, Ratna Willis. (1988). Teori – Teori Belajar. Jakarta: P2LPTK.
Depdiknas. (2003). Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdagri.
Ela N. Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Gerak dan Lagu. UPI Bandung, Skripsi.
Fakhruddin. (2015). Teori Sosiokultural Vygotsky (Pendekatan dalam Pendidikan Anak Usia Dini). Majalah Ilmiah Pawiyatan Edisi Khusus. Vol. Xxii, (2)
Marsulina Matondang, Elizabeth. (2005). Menumbuhkan Minat Belajar Bahasa Inggris Anak Usia Dini Melalui Lagu dan Gerak. Jakarta: Jurnal Pendidikan Penabur.
Miranti, dkk. (2015). Penggunaan Media Lagu Anak – anak dalam Mengembangkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Siswa PAUD. Faktor Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. II (2) Juli.
Motessori, Maria. The Discovery of the Child. New York: Ballatine Books.
Santrock, John W. Penerjemah Mila Rahmawati dan Anna Kuswanti. (2007). Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Santrock, John W. Physical Education.
Siregar, Alfitriani. (2018). Metode Pengajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Medan: Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah Aqli.
Suparno, Paul. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Jakarta: Kanisius.
Susanto, Ahmad. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Downloads

Published

2021-06-13