Gaya Hidup Halal Perempuan Muslim Perkotaan

(Studi Kasus Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)

Authors

  • Sumintak Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Sefti Wiwin Lenwinsky Uinversitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/jsga.v11i01.10247

Keywords:

Gaya Hidup Halal, Konsumtif, Hedonisme

Abstract

Kota dan konsumsi tidak dapat dipisahkan satu sama lain, karena kota merupakan pusat dari kegiatan perekonomian dan kultural. Perputaran ekonomi di kawasan perkotaan selaras dengan perputaran konsumsi yang begitu tinggi. Konsumsi telah mengubah mode kuasa dari yang bersifat “memaksa” menjadi “sukarela” yang pada akhirnya kita terjerembab dalam lingkar kapitalisme. Kapitalisme dalam kondisi yang mutakhir menawarkan kenikmatan-kenikmatan dan kepuasan serta kesenangan yang terus berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan mengamati aktivitas gaya hidup halal pada Mahasiswi dikedua kampus tersebut, dengan menggunakan pendekatan Fenomenologi Interpretatif dengan mengamati perilaku para informan yang menjadi obejek dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ekspresi keberagamaan muslim kelas menegah perkotaan (mahasiswi) secara langsung atau bahkan tidak langsung menjadikan Islam sebagai komoditas, dan juga dapat memicu konsumerisme Islam dan muslim yang konsumtif. Perilaku konsumtif mahasiswi muslim perkotaan di kedua kampus menyebabkan komodifikasi Islam dalam gaya hidup mereka. Tidak jarang perilaku konsumtifnya berujung pada hedonisme.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astogini, D. W., & Wulandari, S. Z. (2011). Aspek Religiusutas dalam Keputusan Pembelian Produk Hala. Jurnal JEBA, Vol. 13(1), 1–8.

Azwar, S. (2017). Metode Penelitian. Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistik Kota Serang. (2022). Laju Pertumbuhan Penduduk Kota Serang dari Tahun 2019 sampai dengan Tahun 2021. In Badan Pusat Statistik Kota Serang. Badan Pusat Statistik Kota Serang.

Barker, C. (2016). Culture Studies: Teori dan Praktek. Kreasi Wacana.

Engel, J., Blackwell, R., & Miniard, P. (1995). Consumer Behaviour. The Drydeb Press.

Felally, G., & White, S. (2008). Expressing Islam: Religious Life and Politics in Indonesia. ISEAS.

Hoesterey, J. B. (2012). Prophetic Cosmopolitanism: Islam Pop Psychology, and Civic Virtue in Indonesia. Journal City & Society, Vol. 24(1), 38–61.

Jaelani, J. (2020). Semiotika Kota: Pertarungan Ideologis di Ruang Urban (Taufiqurrahman (ed.)). Cantrik Pustaka.

Jati, W. R. (2015). Less Cash Society: Menakar Mode Konsumerisme Baru Kelas Menengah Indonesia. Jurnal Sosioteknologi, Vol. 14(2), 102–112.

Klinken, G. van. (2016). Pendahuluan: Demokrasi, Pasar, dan Kelas Menengah yang Asertif" dalam in Search of Middle Indonesia: Kelas Menengah di Kota-kota Menengah. Yayasan Pustaka Obor.

Koetler, P., & Keller, K. . (2012). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.

Kuntowijoyo. (2006). Lifestyle Ecstasy “ Kebudayaan Pop dalam Masyarakat Komoditas.” Jalasutra.

Lee, M. J. (2015). Kebudayaan Konsumsi & Komoditas: Sebuah Kajian Politik Budaya Konsumen. Kreasi Wacana.

Loudon, D. ., & Bitta, D. A. . (1992). Consumer Behavior: Concepts And Application. Mc. Grow-Hill.

Milie, J. (2014). Post-authoritarian Diversity in Indonesia’s State-owned Mosque: a Manakiban Case Study. Journal of Southeast Asian Studies, Vol. 45(2), 194–213.

Mursidah, I., & Fartini, A. (2023). Strategi Mengembangkan Gaya Hidup Halal di Banten: Pengembangan Industri Produk Halal dan Kesadaran Bersyariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol. 9(1), 893–904.

Nugroho, R. S. (2021). Menelaah Kembali Perilaku Belanja Makanan Online di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Profesiona, Vol. 5(5), 443–450.

Pribadi, Y., & Ghufron, Z. (2019). Komodifikasi Islam dalam Ekonomi Pasar: Studi Tentang Muslim Perkotaan di Banten. Jurnal Afkaruna, Vol. 15(1), 82–112.

Sihabudin, A. (2011). Komunikasi antar Budaya “Satu Perspektif Multidimensi.” Bumi Aksara.

Sila, M. A. (2021). Ekspresi dan Gaya Hidup Muslim Perkotaan: Pergulatan Identitas dan Pemaknaan Baru (A. Malik (ed.)). Litbangdiklat Press.

Simamura, B. (2004). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sumarwan, U. (2015). Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran (R. Sikumbang (ed.); 2nd ed.).

Sumintak, & Masruri, M. (2022). Sosiologi Masa Lapang : Budaya Konsumerisme Masyarakat Bandar. Advances in Humanities and Contemporary Studies, 3(1), 214–222.

Downloads

Published

2024-07-18