Pengaruh Sosial dan Ekonomi Terhadap Keputusan Penggunaan Pinjaman Online Peer To Peer Lending

Authors

  • Muhamad Nurul Hakim UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Keywords:

Faktor Sosial, Faktor Ekonomi, Pinjaman Online

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan internet yang sangat pesat mendorong revolusi industri. Membuat berbagai macam aspek bertransformasi ke era digital, salah satunya industri keuangan. Transformasi ini lah yang akhirnya melahirkan platfom fintech pinjaman online peer to peer lending. Kemudahan transaksi inilah menakibatkan banyak dari kalangan masyarakat terkhususnya mahasiswa mengunakannya. Penelitian ini mengunakan metode analisis regresi linier berganda di mana metode ini digunakan untuk mengetahui pengaruh sosial dan ekonomi terhadap keputusan penggunaan pinjmana online yang ditampilkan dalam bentuk persamaan regresi. Hasil dalam penelitian secara parsial dapat dibuktikan dengan hasil X1 nilai T hitung > T tabel atau nilai sig < a yaitu sebesar 7,484 > 1.664 atau 0,000 < 0,05. Untuk variabel X2 nilai T hitung > T tabel atau nilai sig < a yaitu sebesar 2,653 > 1.664) atau 0,01 < 0,05, artinya variabel independen yang terdiri dari faktor sosial (X1) dan faktor ekonomi (X2) berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu keputusan penggunaan (Y). Sedangkan secara simultan dibuktikan dengan nilai F hitung  127,312 > F tabel 3,114 yang artinya berpengaruh. Dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,766 atau 76%. Sedangkan 24% sisanya dipengaruh oleh faktor lainnya yang tidak diteliti.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muhamad Nurul Hakim, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Department of Sharia Economics

References

Alhamuddin, A., Inten, D. N., Mulyani, D., Suganda, A. D., Juhji, J., Prachagool, V., & Nuangchalerm, P. (2023). Multiple intelligence-based differential learning on critical thinking skills of higher education students. International Journal of Advanced and Applied Sciences, 10(8), 132-139.

Ansori, A., Tarihoran, N. A., Mujib, A., Syarifudin, E., & Firdaos, R. (2024, October). Systematic mapping in the topic of Islamic education management and education management based on bibliometric analysis. In AIP Conference Proceedings (Vol. 3098, No. 1). AIP Publishing.

Arvante, Jeremy Zefanya Yaka. 2022. “Dampak Permasalahan Pinjaman Online dan Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Pinjaman Online.” Ikatan Penulis Mahasiswa Hukum Indonesia Law Journal 2(1): 73–87.

Avianti, Ilya, dan Triyono. 2021. 3 PT. Kaptain Komunikasi Indonesia Ekosistem Fintech Di Indonesia. Jakrta: PT. Kapitan Komunikasi Indonesia.

Bari, Andriansyah dan, dan Randy Hidayat. 2022. “TEORI HIRARKI KEBUTUHAN MASLOW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MEREK GADGET.” JMOTIVASI Jurnal Manajemen dan Bisnis 7(1): iii–iv.

Banten, Febi Uin. “Sejarah Singkat FEBI UIN Banten.” Febi.

Fitri, F. A., Syarifuddin, E. ., & Sulong, S. . (2024). Analysis of the zakat village model for economic sector utilization: ANP approach. Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam, 10(1), 90–102. https://doi.org/10.20885/JEKI.vol10.iss1.art7.

Irawan, W., Suwarman, R., Azim, M., Sudrajat, B., & Hamsyiah, N. (2023). RESERVES FOR SHARIA LIFE INSURANCE CONTRIBUTIONS USING THE GROSS PREMIUM VALUATION (GPV) METHOD BASED ON VASICEK MODEL. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 17(2), 0635-0640. https://doi.org/10.30598/barekengvol17iss2pp0635-0640.

Jannah, M., Fahlevi, M., Paulina, J., Nugroho, B. S., Purwanto, A., Subarkah, M. A., & Cahyono, Y. (2020). Effect of ISO 9001, ISO 45001 and ISO 14000 toward financial performance of Indonesian manufacturing. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(10), 894-902.

Maharani, Mira. 2021. “Faktor-Faktor Keputusan Pedagang dalam Memilih Jasa Pinjaman Bank Konvensional Dibandingkan Pembiayaan Bank Syariah (Studi Kasus Pasar Pagi Kepahiang).” : 1–23.

Maslow, Abraham H. 1954. Motivation And Personality. Newyork: Harper And Brothers.

Ningsih, Ekawati rahayu. 2021. 11 Analytical Biochemistry Perilaku Konsumen Pengembangan Konsep Dan Praktek Dalm Peasaran. Yogyakarta: Cv Idea Sejahtera.

Peristiwo, H. (2021). Role Of Transportation Thein Supporting Sustainable Halal Tourism In Indonesia. IQTISHODUNA: Jurnal Ekonomi Islam, 10(2). https://doi.org/10.36835/iqtishoduna.v10i2.707

Suarsih Tri, Maharani Karmila. 2023. Statistik Telekomunikasi Indonesia 2022. Jakarta: Bps-Statistic Indonesia.

Suganda, A., Lestari, W., & Sulthani, D. (2023). Unraveling the Intricate Dynamics of Turkish Immigrants and Muslim Minorities in Germany. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 31(2). doi:https://doi.org/10.21580/ws.31.2.19374.

Suryanto, T. (2023). Constructing Islamic Law and Islamic Business Ethics for a Sustainable Halal Industry Economy. Manchester Journal of Transnational Islamic Law & Practice, 19(3).

Syam, Siti Aldhawaty et al. 2022. “Pengaruh Preferensi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk pada Marketplace.” Value Added: Majalah Ekonomi Dan Bisnis 18(2): 73–79.

Syarifudin, E., & Anam , K. . (2023). Tourists’ perceptions of the religious tourism quality services: Gap Analysis Approach. Al-Uqud : Journal of Islamic Economics, 7(2), 229–242. https://doi.org/10.26740/aluqud.v7n2.p229-242.

Tampubolon, Heryucha Romanna. 2019. “Seluk-Beluk Peer To Peer Lendin Sebagai Wujud Baru Keuangan Di Indonesia.” Jurnal Bina Mulia Hukum 3(2): 195.

Wazin, Maskuroh, N., Peristiwo, H., & Suganda, A. D. (2024). Indonesian Sharia Tourism Towards a Sustainable Halal Industry. In The AI Revolution: Driving Business Innovation and Research: Volume 1 (pp. 901-911). Cham: Springer Nature Switzerland.

Web, KBBI. 2023. “Definisi Faktor.” KBBI.

Wulandari, S., & Suganda, A. D. (2021). Determining factors of earnings management based on accrual model. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia, 45-53.

Zusrony, Edwin. 2012. Perilaku Konsumen. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik.

Downloads

Published

2024-06-30