PEMANFAATAN PENGGUNAAN APLIKASI CANVA PADA PELAJARAN IPS KELAS 4 SD 23 RAMBATAN

Authors

  https://doi.org/10.32678/ibtidai.v9i1.5101
Abstract view: 378 times | PDF downloads: 190 times

Abstract

Artikel ini merupakan kegiatan untuk memberikan wawasan kepada peserta didik di SD 23 Rambatan dalam menggunakan aplikasi canva sebagai media pembelajaran IPS. Media pembelajaran sangat dibutuhkan oleh guru dalam mendukung suatu model pembelajaran. Guru dan peserta didik dapat menggunakan media pembelajaran  yaitu aplikasi Canva. Canva merupakan aplikasi yang menyediakan pilihan template, membuat logo, poster ,desain,kemasan, dan fitur-fitur yang ada didalamnya. Dengan aplikasi Canva ini guru bisa mendesain proses pembelajaran agar tidak membosankan sehingga media ini dapat dimanfaatkan dalam kehidupan. Dengan aplikasi Canva guru pun lebih mudah dalam membuat bahan ajar untuk siswanya semenarik mungkin. Cara untuk membuat video pembelajaran yang mudah dan menarik adalah dengan menggunakan aplikasi yang menawarkan template-template dalam menggunakan pembelajaran dalam bentuk aplikasi Canva ini dilakukan dengan menggunakan metode diskusi antara guru dengan peserta didik untuk mencari metode pembelajaran seperti apa yang disukai siswa untuk menjalankan proses pembelajaran nantinya. Diskusi ini dilakukan sejauh mana persoalan dalam membuat bahan ajar serta penggunaan aplikasi Canva  ini agar melatih kreativitas siswa hasil akhir dari kegiatan ini peserta didik mempunyai gambaran Canva.

Keywords:

Aplikasi Canva, Pelajaran IPS, Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-06-29

How to Cite

Khairani, N., & Mudinillah, A. (2022). PEMANFAATAN PENGGUNAAN APLIKASI CANVA PADA PELAJARAN IPS KELAS 4 SD 23 RAMBATAN. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 9(1), 29–42. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v9i1.5101