Teori Belajar Sosial Kognitif Albert Bandura dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.32678/geneologipai.v10i1.8415Kata Kunci:
Kata kunci: Sosial Kognitif; Albert Bandura; Teori Belajar.Abstrak
Abstrak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji teori belajar sosial kognitif Albert Bandura dan implementasinya dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif berupa studi pustaka atau library research. Data dikumpulkan melalui analisis terhadap buku-buku dan jurnal-jurnal terakreditasi yang relevan dengan permasalahan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada tahap reduksi data penulis akan memilah data yang sesuai dengan kajian penelitian yang selanjutnya disajikan melalui kata-kata agar menghasilkan temuan baru. Kemudian penulis merumuskan kesimpulan sebagai verifikasi terhadap temuan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa teori belajar social kognitif Albert Bandura relevan dengan pembelajaran pendidikan agama Islam. Hal ini dapat dilihat dari teori belajar sosial kognitif Albert Bandura dapat digunakan dalam pendidikan agama Islam, teori belajar sosial kognitif Albert Bandura sejalan dengan metode keteladanan dan pembiasaan yang diajarkan Islam, serta adanya proses observational learning dan modeling yang membutuhkan pengulangan dalam penerapannya juga digunakan pada pembelajaran pendidikan agama Islam.