PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MAJELIS TAKLIM AL-HIDAYAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN BAHAYA GHIBAH BAGI IBU RUMAH TANGGA


Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberadaan majelis taklim Al-Hidayah di tengah-tengah masyarakat Desa Astana tidak menjadikan fenomena ghibah di masyarakat surut begitu saja. Kebanyakan dari masyarakat yang melakukan ghibah merupakan ibu-ibu rumah tangga sekaligus jamaah majelis taklim Al-Hidayah itu sendiri. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman ibu-ibu rumah tangga mengenai perilaku ghibah, peran majelis taklim Al-Hidayah serta faktor pendukung dan penghambat majelis taklim Al-Hidayah dalam meningkatkan pemahaman bahaya ghibah bagi ibu rumah tangga di Desa Astana. Metode penelitian ini menggunakan jenis kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data di antaranya wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman ibu-ibu rumah tangga secara pemahaman tentang ghibah sudah meningkat, akan tetapi belum maksimal. Hal tersebut ditandai dengan masih adanya sebagian besar ibu-ibu rumah tangga yang belum mampu menerapkan pemahaman bahaya ghibah yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari. Adapun mengenai peran majelis taklim Al-Hidayah dalam meningkatkan pemahaman bahaya ghibah, hal tersebut sudah diupayakan secara maksimal. Adapun faktor pendukung majelis taklim Al-Hidayah dalam meningkatkan pemahaman bahaya ghibah bagi ibu rumah tangga adalah ilmu tentang ghibah itu sendiri. Sedangkan diri pribadi masing-masing jamaah menjadi faktor pendukung sekaligus penghambat majelis taklim Al-Hidayah dalam meningkatkan pemahaman bahaya ghibah bagi ibu rumah tangga