STRATEGI PENTAHELIX PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANAK USIA DINI


Abstrak
Berbagai tantangan dan problematika terus menghampiri pada setiap unsur kehidupan, termasuk dalam ranah pendidikan. Dalam ranah pendidikan khususnya yang menangani anak usia dini dihadapkan dengan tantangan yang besar seperti persoalan stunting, model pembelajaran inovatif, pemerataan pendidikan rural dan urban, pemerataan kesejahteraan pendidik. Juga disisi lain peserta didik pada jenjang pendidikan pra sekolah ini sedang menghadapi tugas perkembangan yang singkat dan pada masa golden age. Problem dan tantangan yang hadir secara bersamaan perlu penanganan serius dari berbagai unsur termasuk dalam konteks pendidikan islam anak usia dini. Artikel ini mengupas strategi pentahelix pada pendidikan islam anak usia dini dengan systematic review yang mengolah data dari berbagai hasil penelitian, jurnal dan dokumen tertulis lainnya terkait penyelenggaraan pendidikan islam anak usia dini di seluruh Indonesia. Hasil analisis menyajikan gagasan strategi pentahelix dalam implementasi pendidikan islam anak usia dini. Terdapat lima unsur dalam strategi pentahelix diantaranya pemerintah, akademisi, dunia industri, masyarakat, dan media masa. Pemerintah dengan tugas membuat dan melaksanakan kebijakan secara konvergen, akakdemisi melakukan penelitian berdasarkan pokok masalah, dunia industri support akan kebutuhan material, masyarakat yang terlibat sebagai pelaksana, dan media masa dengan upayan membagun konstruksi literasi kepada khalayak umum.