PENGARUH SELF-EFFICACY, KONSEP DIRI, DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP SCHOOL ENGAGEMENT SANTRI PONDOK PESANTREN

Penulis

  https://doi.org/10.32678/geneologipai.v9i1.6238
Abstrak view: 207 times | PDF downloads: 140 times

Abstrak

Abstrak; Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh self-efficacy, konsep diri dan dukungan sosial terhadap school engagement. Sampel penelitian adalah 213 santri kelas 1&2 SMA Pondok Pesantren Modern Assa’adah yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data digunakan Multiple Regression Analysis. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh yang signifikan self-efficacy, konsep diri dan dukungan sosial terhadap school engagement. Proporsi varians dari school engagement yang dijelaskan oleh semua independent variable sebesar 97.9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil uji hipotesis minor menunjukan bahwa delapan dari sebelas variabel memiliki pengaruh yang signifikan diantaranya initiative, persistence, effort, evaluasi diri, attachment, guidance, reassurance of worth and social integration. Sedangkan variabel lainnya tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap school engagement.

Kata Kunci:

School Engagement, Self-efficacy, Konsep Diri dan Dukungan Sosial.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-07

Terbitan

Bagian

Articles