ANALISIS KEBIJAKAN KURIKULUM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL ( SPN)-21: PELUANG DAN TANTANGANNYA BAGI PENDIDIKAN ISLAM DI BRUNEI DARUSSALAM


Abstrak
Kebijakan kurikulum SPN-21 merupakan kebijakan kurikulum terbaru di negara Brunei, yang mana diluncurkan dalam rangka untuk menciptakan insan yang beriman,bertaqwa, berakhlak mulia dan menguasai teknologi. Namun, suatu kebijakan jika tidak dipesiapkan dengan matang akan mengalami kelemahan-kelemahan diberbanyak aspek. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji kelemahan-kelemahan dalam perealisasian kurikulum SPN-21dan bagaimana dampaknya terhadap pendidikan Islam di Brunei. Jenis penelitian yang digunakan adalah literature review. Berdasarkan hasil literature review tersebut diketahui bahwa belum Nampak persiapan yang matang dari pemerintah Brunei dalam Perealisasian kurikulum SPN-21, diantaranya perlunya kemahiran dalam berbahasa Inggris agar bisa menguasai teknologi. Walaupun usaha yang gigih sudah dilakukan dalam penguasaan bahasa Inggris. Disamping itu, sulitnya lembaga pendidikan Islam untuk menyesuaikan diri dengan kebijakan kurikulum SPN-21 tersebut, karena tidak dapat dipungkiri bahwa lembaga pendidikan Islam lebih fokus mengajarkan mata pelajaran agama, tetapi lemah di bidang teknologi. Walaupun sudah ada sekolah yang berusaha untuk mengintegrasikan agama dengan sains, seperti Technical College, tapi belum banyak.