This is an outdated version published on 2023-12-31. Read the most recent version.

Pendampingan Guru Bahasa Arab Pondok Pesantren Nahdlotul Ulum Kota Metro dalam Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi, Informasi & Komunikasi (ICT)

Authors

  • Muhammad Syaifullah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Ma’arif Lampung (UMALA)
  • Nailul Izzah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Ma’arif Lampung (UMALA)
  • Naila Cahya Nahdla Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Ma’arif Lampung (UMALA)

DOI:

https://doi.org/10.32678/dedikasi.v16i2.9416

Keywords:

Guru Bahasa Arab, Pengembangan Media Pembelajaran, Pendampingan, Pondok Pesantren, Teknologi Informasi Komunikasi (ICT)

Abstract

Pondok pesantren adalah lembaga keagamaan yang  memberikan pendidikan dan pengajaran serta mengembangkan dan menyebarkan ilmu agama Islam. Pembelajaran meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan pembelajaran, dalam hal ini manusia terlibat dalam sistem pengajaran terdiri dari siswa, guru dan tenaga lainnya, materi meliputi; buku-buku, papan tulis dan lain-lainnya. Fasilitas dan perlengkapan terdiri dari ruang kelas dan audiovisual (media pembelajaran). Prosedur meliputi jadwal dan metode penyampaian informasi, praktek mengajar, ujian dan sebagainya. Akan tetapi, Kurangnya pemahaman guru tentang prosedur dan prinsip pemilihan media yang tepat mengakibatkan media pembelajaran yang digunakan tidak dapat menunjang proses pembelajaran secara optimal. Langkah-langkah pendampingan dalam proses pendekatan metode Asset Based Communities Development (ABCD) dan alat dalam menemukan dan mengenali aset adalah Penemuan Apresiatif, Analisis pengembangan aset, Analisis strategi program, Ringkasan narasi program, Teknik monitoring dan evaluasi program. Sehingga diharapakan guru bahasa Arab Pondok Pesantren Nahdlotul Ulum Metro Utara Kota Metro dapat mengembangkan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi, Informasi & Komunikasi (ICT).

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-12-31

Versions