Reaktualisasi Model Pendidikan Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam (Studi Pada Madrasah Aliyah Nur El Falah Petir Kabupaten Serang)

Authors

  • Hafidz Karomi
  • anis Fauzi
  • Machdum Bachtiar

DOI:

https://doi.org/10.32678/annidhom.v7i1.6195

Keywords:

Reaktualisasi Model Pendidikan, Mutu Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan mencari persoalan mengenai reaktualisasi model pendidikan madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di MA Nur El Falah,

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan di lapangan, seperti di lingkungan masyarakat, lembaga-lembaga dan organisasi kemasyarakatan dan lembaga pemerintahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yakni suatu penelitian yang bertujuan untuk menerangkan fenomena sosial atau suatu peristiwa.

Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Wawancara, dokumentasi. Tiangulasi data dan member check. Hasil penelitian menunjukan bahwa Upaya atau usaha yang terus menerus di lakukan oleh Madrasah Aliyah Nur El Falah  dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah: a) Berorientasi Pada Visi, Misi dan Tujuan pendidikan madrasah, b) melaksanakan pelatihan-pelatihan workshop tentang mutu dan kualitas tenaga pendidik ,c) Penerimaan siswa dilakukan beradasrkan hasil test tulis maupun praktik, d) Meningkatkan kegiatan belajar mengajar, dengan melakukan inovasi –inovasi pembealajaran secara aktif pada siswa  e) Meningkatkan mutu sarana prasarana,

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-06-05