Implementasi Fungsi Pengawasan Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Masa Pandemic Covid-19

Authors

  • Faizudin Prawiranegara
  • Supardi Supardi
  • Rijal Firdaos
  https://doi.org/10.32678/annidhom.v7i1.6113
Abstract view: 407 times | PDF downloads: 165 times

Abstract

Pelaksanaan pengawasan merupakan aktifitas penting dalam penyelenggaraan pendidikan. Pengawasan dimaksudkan sebagai kegiatan kontrol terhadap seluruh kegiatan pendidikan untuk mengarahkan, mengawasi, membina dan mengendalikan dalam pencapaian tujuan. Sehingga Manajemen mutu pendidikan dapat menuju ke arah yang lebih baik.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pendidikan sebelum dan sesudah adanya fungsi pengawasan, untuk mengetahui proses pelaksanaan fungsi pengawasan dimasa pandemic covid-19 di MTs Negeri 2 dan MTs Negeri 4 Kabupaten Tangerang 

Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, dokumentasi dan wawancara bebas (non terstruktur). Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deduksi analitik sesuai teori Milles and Habermen

Hasil penelitian, Implementasi fungsi pengawas Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Negeri 2 dan MTs Negeri 4 Kabupaten Tangerang dapat digambarkan sebagai berikut, pertama pengawas madrasah sudah melakukan pemantauan tehadap perencanaan pembelajaran walaupun pada pelaksanaannya belum secara maksimal dan efektif menyentuh kepada semua guru karena kondisi pandemic covid-19, Yang kedua pengawas madrasah sudah melakukan pembinaan dan pelatihan terhadap guru atau kepala madrasah sudah berjalan dengan baik karena setiap kali pengawas madrasah melakukan kunjungan pasti selalu melakukan atau memberikan sedikit ilmu atau motivasi terhadap guru-guru dan kepala madrasah  Yang ketiga yaitu pengawas madrasah sudah melakukan penilaian terhadap kinerja guru sudah berjalan dengan baik, pengawas madrasah melakukan penilaian terhadap kinerja guru satu semester dua kali penilaian atau minimal setahun dua kali. Keberhasilan implementasi fungsi pengawasan yang dilakukan pengawas menjadikan kompetensi pedagogik yang dimiliki guru sudah baik namun masih perlu untuk selalu ditingkatkan. Hambatan pelaksanaan implementasi pengawasan yang ideal dikategorikan dalam dua aspek, yaitu struktur dan kultur.

Keywords:

Implementasi Fungsi Pengawas, Manajemen Mutu Pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-05-28