Implementasi Manajemen Pendidikan Dan Pendidikan Nilai Terhadap Mutu Pendidikan (Studi di MTs. Al-Hasyimiyah Cilegon dan MTs. Al-Fath Cilegon)
DOI:
https://doi.org/10.32678/annidhom.v7i1.6105Keywords:
Manajemen, Pendidikan, Dan NilaiAbstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Manajemen Pendidikan terhadap Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Al-Hasyimiyah Cilegon dan Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Al-Fath Cilegon, untuk mengetahui Pengaruh Pendidikan Berbasis Nilai terhadap Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Al-Hasyimiyah Cilegon dan Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Al-Fath Cilegon, untuk mengetahui Pengaruh Manajemen Pendidikan dan Pendidikan Berbasis Nilai terhadap Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Al-Hasyimiyah Cilegon dan Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Al-Fath Cilegon. Metode penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Sampel penelitian berjumlah 34 siswa. Menentukan besarnya ukuran sampel dari dua sekolah, dipakai rumus Slovin. Data penelitian ini diambil melalui angket, observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis korelasi parsial dengan menggunakan product moment = 0,20. Hal ini menunjukkan bahwa antara variabel X1 (Manajemen Pendidikan), dan variabel X2 (Pendidikan Berbasis Nilai) dengan variabel Y (Mutu Pendidikan) berada di antara (0,00 – 0,20) yang berarti terdapat korelasi, akan tetapi itu sangat lemah atau sangat rendah sehingga korelasi itu diabaikan atau dianggap tidak ada korelasi antara variabel X dan variabel Y. Selanjutnya nilai thitung sebesar = 1,263 lebih kecil dari ttabel = 2,037 (1,263 < 2,037) dengan taraf signifikansi 0,216 > 0,05 yang interpretasinya adalah tidak terdapat pengaruh antara variabel X1 (Manajemen Pendidikan) dengan variabel Y (Mutu Pendidikan). nilai thitung sebesar = 0,778 lebih kecil dari ttabel = 2,037 (0,778 < 2,037) dengan taraf signifikansi 0,442 < 0,05 yang interpretasinya adalah tidak terdapat pengaruh antara variabel X2 (Pendidikan Berbasis Nilai) dengan variabel Y (Mutu Pendidikan).