Hubungan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dan Iklim Sekolah Dengan Efektivitas Pembelajaran ( Studi di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Kalideres Jakarta Barat )
DOI:
https://doi.org/10.32678/annidhom.v7i1.6101Keywords:
Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, Efektivitas PembelajaranAbstract
Keberhasilan kepala sekolah dalam melakukan manajeral sekolah dapat mempengaruhi iklim sekolah yang dipimpinnya. Oleh karena itu. peranan kepala sekolah merupakan jabatan strategis dalam mencapai efektivitas pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui hubungan kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap efektivitas pembelajaran, 2) Untuk mengetahui hubungan iklim sekolah terhadap terhadap efektivitas pembelajaran, 3) Untuk mengetahui hubungan kompetensi manajerial kepala sekolah, dan iklim sekolah terhadap efektivitas pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kecamatan Kalideres Jakarta Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan penelitian deskrptif. Tehnik pengangambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling, dipilih 25% dari jumlah 135 guru menjadi 34 guru. Tehnik pengumpulan data yaitu menggunakan Uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas, serta dengan Uji Hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan positif dan signifikan antara kompetensi manajerial kepala sekolah dengan efektivitas pembelajaran dan antara iklim sekolah dengan efektivitas pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung > ttabel yaitu 1,743 > 1,684 dan 3,689 > 1,684. Serta adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi manajerial kepala sekolah dan iklim sekolah secara bersama dengan efektivitas pembelajaran, yaitu ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis Fhitung > Ftabel = 6,612 > 1,684.