PERAN METODE GURU PAI DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.32678/annidhom.v5i2.5725Keywords:
Peran Metode Guru, Kejenuhan Belajar SiswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode guru PAI, untuk mengetahui kondisi belajar siswa, Untuk mengetahui peran metode guru PAI dalam mengatasi kejenuhan belajar di MAN 2 Kota Cilegon
Penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Metode guru PAI di MAN 2 Kota Cilegon masih terkesan monoton atau kurang bervariatif, sehingga masih banyak siswa yang merasakan kejenuhan dalam belajar akibatnya masih banyak siswa yang suka ngobrol di kelas dan banyak juga siswa yang izin keluar masuk pada saat jam pembelajaran berlangsung, Kondisi belajar siswa di MAN 2 Kota Cilegon belum maksimal, di karnakan guru selalu menggunakan metode ceramah saja tanpa menggunakan metode yang bervariatif, sehingga banyak siswa yang merasa jenuh dengan metode belajar yang di gunakan.
Dari hasil Penelitian dan observasi di atas dapat peneliti simpulkan bahwa guru di MAN 2 Kota Cilegon ini perlu menggunakan metode yang bervariativ guna mengatasi kejenuhan belajar, bukan Cuma itu saja, guru di MAN 2 Kota Cilegon juga perlu melakukan pembelajaran dengan suasana baru seperti merubah tempat duduk siswa di kelas atau melakukan pembelajaran di luar kelas atau bisa juga di halaman belakang sekolah guna mendapatkan suasana baru dalam belajar, dengan demikian kejenuhan belajar bisa teratasi.
Kata Kunci : Peran guru, Kejenuhan belajar siswa


























