Peran Organisasi Dan Kepemimpinan Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Di Yayasan Al-Badar Balaraja Tangerang

Authors

  • Salman Salman
  • Encep Syarifudin
  • Yusaini Kamal

DOI:

https://doi.org/10.32678/annidhom.v6i1.4863

Keywords:

Organisasi, kepemimpinan, mutu pendidikan

Abstract

Lembaga pendidikan yang bermutu dapat ditentukan dari peran organisasi dan kepemimpinan pendidikan dalam mewujudkan peningkatan mutu pendidikan secara terus menerus. Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah, maka penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui Peran Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan SMK di Yayasan Al-Badar Balaraja Tangerang; 2) Mengetahui Upaya Peningkatan mutu pendidikan yang dilakukan Kepala Sekolah dan Ketua Yayasan dalam peningkatan mutu pendidikan SMK di Yayasan Al-Badar Balaraja Tangerang; 3) Mengetahui Faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan SMK di Yayasan Al-Badar; 4) Mengetahui Hasil yang dicapai dalam kepemimpinan dan organisasi pendidikan dalam peningkatan mutu pendidikan SMK di Yayasan Al-Badar. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan observasi, wawancara, dokumentasi, triangulasi, catatan lapangan, membercheck. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan, terdapat implikasi positif yang menjadi kontribusi terhadap dunia pendidikan terutama kepada Organisasi Yayasan penyelenggara pendidikan dan pemilik Yayasan serta kepala sekolah agar memiliki pertimbangan matang terencana terprogram dan termenej dengan maksimal dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengelolaan pendidikan terutama memaksimalkan peran organisasi dan kepemimpinan pendidikan dalam peningkatan mutu pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles