Strategi Pemasaran Jasa Dan Layanan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.32678/annidhom.v6i1.4856Keywords:
pemasaran jasa, layanan pendidikan, mutu pendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi jasa pemasaran pendidikan dan layanan pendidikan, faktor pendukung dan penghambat, serta dampaknya dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitianĀ kualitatif, objek penelitian berlokasi di MTs Darul Huda Pusat Pari Mandalawangi terkait dengan strategi jasa pemasaran dan layanan pendidikan terhadap mutu lembaga pendidikan di MTs Darul Huda Pusat Pari Mandalawangi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dilaporkan apa adanya dan dianalisis secara deskriptif untuk mendapatkan gambaran mengenai fakta yang ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pemasaran jasa pendidikan dan layanan pendidikan di MTs Darul Huda Pusat Pari Mandalawangi dalamĀ meningkatkan mutu lembaga pendidikan diawali dengan perencanaan analisis lingkungan internal maupun eksternal, pemilihan strategi pemasaran jasa pendidikan dan layanan pendidikan, serta evaluasi pelaksanaan. Faktor pendukung: sarana prasarana, kualifikasi tenaga pendidik yang memadai, lokasi sekolah strategis, dan kepercayaan masyarakat


























