PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN PROFESIONALISME GURU PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.32678/annidhom.v6i1.4841Keywords:
Peran, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalisme GuruAbstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan/desain deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepemimpinan kepala sekolah telah diterapkan dalam mencapai target yang telah ditetapkan bersama oleh semua komponen sekolah. Kedua kepala sekolah sepakat memberdayakan kompetensi yang dimiliki oleh guru, melalui kelompok kerja guru, pelatihan/workshop, dan penataran, para guru juga mengikuti organisasi musyawarah guru mata pelajaran untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan para guru yang mengacu kepada paparan teori tentang guru professional. Langkah-langkah yang dilakukan kedua kepala sekolah mengarah kepada cara memimpinnya yaitu dengan menggunakan gaya kepemimpinan demokratis. Kepala sekolah memberikan penghargaan kepada guru yang berprestasi, melakukan pengawasan dan evaluasi, serta koordinasi para guru dengan menggunakan gaya kepemimpinan demokratis. Perbedaan di antara kedua lembaga tersebut adalah sarana dan prasarana yang masih sangat kurang memadai, pengajar yang tidak sesuai dengan kualifikasi, dilihat dari latar belakang pendidikannya, serta iklim sekolah yang tidak baik, sehingga kegiatan dan program yang sudah direncanakan tidak berjalan dengan baik.


























