PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN PROFESIONALISME GURU PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Aldi Ardiansyah Mahasiswa Magister Menejemen Pendidikan Islam-UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Eneng Muslihah Mahasiswa Magister Menejemen Pendidikan Islam-UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Yusnaini Kamal Mahasiswa Magister Menejemen Pendidikan Islam-UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/annidhom.v6i1.4841

Keywords:

Peran, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan/desain deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepemimpinan kepala sekolah telah diterapkan dalam mencapai target yang telah ditetapkan bersama oleh semua komponen sekolah. Kedua kepala sekolah sepakat memberdayakan kompetensi yang dimiliki oleh guru, melalui kelompok kerja guru, pelatihan/workshop, dan penataran, para guru juga mengikuti organisasi musyawarah guru mata pelajaran untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan para guru yang mengacu kepada paparan teori tentang guru professional. Langkah-langkah yang dilakukan kedua kepala sekolah mengarah kepada cara memimpinnya yaitu dengan menggunakan gaya kepemimpinan demokratis. Kepala sekolah memberikan penghargaan kepada guru yang berprestasi, melakukan pengawasan dan evaluasi, serta koordinasi para guru dengan menggunakan gaya kepemimpinan demokratis. Perbedaan di antara kedua lembaga tersebut adalah sarana dan prasarana yang masih sangat kurang memadai, pengajar yang tidak sesuai dengan kualifikasi, dilihat dari latar belakang pendidikannya, serta iklim sekolah yang tidak baik, sehingga kegiatan dan program yang sudah direncanakan tidak berjalan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles