MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI DI MTS TERPADU BISMILLAH-BARUGBUG KABUPATEN SERANG)

Authors

  • Mamah Mahfudoh Mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan Islam-UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/annidhom.v5i1.4671

Keywords:

Manajemen, Sarana dan Prasarana, Mutu Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari manajemen sarana dan prasarana pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTs Terpadu Bismillah-Barugbug dan menganalisis kelemahannya. Penelitian yang dilakukan di MTs Terpadu Bismillah-Barugbug bersifat deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menggambarkan proses pengelolaan sarana dan prasarana, upaya apa saja yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran. 1) Mutu pembelajaran MTs Terpadu Bismillah meningkat dengan adanya beberapa upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan manajemen sarana dan prasarana hal tersebut dapat dilihat dari pencapaian delapan Standar Nasional Pendidikan dan perubahan perilaku siswa serta hasil akreditasi BAN –S/M dengan memperoleh nilai 91 peringkat A pada tahun 2019. 2) Manajemen sarana dan prasarana Di MTs Terpadu Bismillah sesuai dengan fungsi manajemen sarana dan prasarana dari perencanaan, pengadaan, penggunaan, pemeliharaan, inventarisasi, dan penghapusan. 3) Mutu Pendidikan Murid di MTs Terpadu Bismillah sangat baik dengan persentase 90% lulusan melanjutkan Pendidikan dan perolehan Nilai rapor ditas KKM.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-06-17

Issue

Section

Articles