HUBUNGAN SUPERVISI AKADEMIK DAN PELAKSANAAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DENGAN MUTU ADMINISTRASI GURU MADRASAH ALIYAH NEGERI DI PROVINSI BANTEN
DOI:
https://doi.org/10.32678/annidhom.v5i1.4669Keywords:
Supervisi, manajerial kepala madrasah, Mutu AdministrasiAbstract
Dalam upaya menghasilkan madrasah yang berkualitas, banyak faktor yang terlibat didalamnya, salah satu peranan yang sangat menentukan adalah kepala madrasah. Kedudukan kepala madrasah dalam penyelenggaraan pendidikan di madrasah merupakan figur sentral yang bertanggung jawab terhadap lancar tidaknya kegiatan proses pendidikan di madrasah. Sumber daya manusia, keuangan, sarana dan prasarana serta informasi tidak dapat berperan optimal dalam pencapaian tujuan madrasah untuk tanpa dikelola dengan baik oleh kepala madrasah. Tingkat ketercapaian supervisi akademik kepala madrasah sebanyak 47% kategori kurang efektif, 28% kategori efektif dan 25% kategori sangat efektif. Tingkat ketercapaian pelaksanaan manajerial kepala madrasah sebanyak 30% kategori kurang efektif, 25% kategori efektif dan 46% kategori sangat efektif. Tingkat ketercapaian mutu administrasi guru sebanyak 29% kategori kurang efektif, 26% kategori efektif dan 45% kategori sangat efektif. Ada hubungan yang signifikanantara supervisi akademik kepala madrasah dengan mutu administrasi guru MAN di Provinsi Banten.


























