Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Menungkatkan Mutu Layanan Pendidikan Yayasan Annizhomiyyah Pandeglang
DOI:
https://doi.org/10.32678/annidhom.v2i2.4456Keywords:
Strategi Pemasaran, Jasa Pendidikan, Layanan Pendidikan.Abstract
Tujuan Penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana strategi pemasaran jasa pendidikan di Yayasan Pendidikan Islam Annizhomiyyah Jaha Labuan Kabupaten Pandeglang dalam meningkatkan peminat layanan pendidikan; mengetahui bagaimana implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan di Yayasan Pendidikan Islam Annizhomiyyah Jaha Labuan Kabupaten Pandeglang, mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat dalam proses implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan di Yayasan Pendidikan Islam Annizhomiyyah Jaha Labuan Kabupaten Pandeglang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan trianggulasi. Sedangkan analisisnya menggunakan analisis kualitatif (non statistik) yang bersifat deskriptif, dan kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, strategi pemasaran jasa pendidikan yang dilakukan Yayasan Pendidikan Islam Annizhomiyyah Jaha Labuan Kabupaten Pandeglang Banten untuk meningkatkan peminat layanan jasa pendidikan menggunakan dua cara, yaitu: (a) Pemasaran secara langsung, yaitu; Pemanfaatan Information Technology (IT), Media Cetak; Mengirim brosur, (b) Pemasaran secara tidak langsung, yaitu; Optimalisasi kegiatan madrasah di masyarakat; Peran Santri, Orang Tua, dan Alumni. Kedua, implementasi pemasaran di Yayasan Pendidikan Islam Annizhomiyyah Jaha Labuan Kabupaten Pandeglang Banten adalah (a) Merumuskan strategi persaingan; yaitu dengan melakukan identifikasi segmentasi pasar, targetting, dan juga positioning; (b) Membuat taktik pemasaran, yaitu dengan menonjolkan differensiasi (keberbedaan positif); menerapkan teori bauran pemasaran dengan cara menawarkan produk-produk berkualitas dari Annizhomiyyah, menerapkan harga yang bersaing dengan lembaga lain; (c) Menunjukkan nilai lebih, yaitu dengan menunjukkan brand yang dimiliki Annizhomiyyah; memberikan servis yang baik. Ketiga, faktor pendukungnya adalah; Annizhomiyyah adalah sekolah yang memiliki segmen yang jelas, kepercayaan masyarakat yang masih tergolong tinggi, dan faktor penghambat; tidak memiliki tim khusus promosi, belum memiliki konsep yang sistematis dalam evaluasi sebagai bahan perbaikan dalam menyusun strategi pemasaran tahun selanjutnya.


























