Hubungan Tingkat Kesejahteraan Dan Profesionalisme Guru Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.32678/annidhom.v2i2.4454Keywords:
kesejahteraan, profesionalisme, mutu pendidikanAbstract
Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh tingkat kesejahteraan terhadap peningkatan mutu pendidikan di SMKN 1 Kragilan Kabupaten Serang dan MAN 2 Kota Serang; mengetahui pengaruh profesionalisme guru terhadap peningkatan mutu pendidikan di SMKN 1 Kragilan Kabupaten Serang dan MAN 2 Kota Serang; mengetahui pengaruh kesejahteraan dan profesionalisme guru terhadap peningkatan mutu pendidikan di SMKN 1 Kragilan Kabupaten Serang dan MAN 2 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, model yang digunakan adalah metode survay, analisis jalur dengan teknik analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini ditemukan : (1) Kesejahteraan guru di SMKN 1 Kragilan dan MAN 2 Kota Serang berada pada kategori cukup dengan persentasi sebesar 80 % , (2) Profesionalisme guru di SMKN 1 Kragilan dan MAN 2 Kota Serang berada pada kategori baik dengan persentasi sebesar 90 %, (3) Mutu pendidikan di SMKN 1 Kragilan dan MAN 2 Kota Serang berada pada kategori baik dengan persentasi sebesar 89 %,( 4) terdapat pengaruh langsung positif dari kesejahteraan guru terhadap peningkatan mutu pendidikan sebesar r = 0,481 dengan sumbangan pengaruhnya sebanyak 4,81 %, (5) terdapat pengaruh langsung positif dari profesionalisme guru terhadap peningkatan mutu pendidikan sebesar r = 0,795 dengan sumbangan pengaruhnya sebanyak 7,95 %,(6) terdapat pengaruh langsung positif dari kesejahteraan guru dan profesionalisme terhadap peningkatan mutu pendidikan sebesar r = 0,637 dengan sumbangan pengaruhnya sebanyak 6,37 %. Simpulan dari penelitian ini bahwa Kesejahteraan dan profesionalisme guru secara bersama- sama berkontribusi terhadap peningkatan mutu pendidikan


























