Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Profesionalisme Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Authors

  • Risa Fahrunnisa

DOI:

https://doi.org/10.32678/annidhom.v2i1.4452

Keywords:

Kepemimpinan kepala sekolah, Professionalisme guru, Motivasi belajar siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi belajar siswa, pengaruh professionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa, mengetahui bagaimana pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan professionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, sampel dilakukan kepada 64 siswa dan 64 guru di YAPISA (Yayasan Pendidikan Islam Al-Amin), pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, analisis data dengan menggunakan metode statistik deskriptif dengan uji normalitas data, uji homogenitas, pengujian hipotesis penelitian dengan merumuskan hipotesis, membuat persamaan regresi, menghitung korelasi, dan menghitung nilai determinasi. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan professionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan oleh hasil pengujian hipotesis dan yaitu uji korelasi ganda diperoleh nilai sig=0,015 dan F hitung yaitu 43,53 sedangkan F tabel 3,15 (F hitung 43,53 > F tabel 3,15) yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-06-30

Issue

Section

Articles