Kinerja Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Pembelajaran Di Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah Ciruas Serang

Authors

  • Ade Herlan Wahyudin

DOI:

https://doi.org/10.32678/annidhom.v2i1.4444

Keywords:

Kinerja kepala madrasah, supervisor pembelajaran

Abstract

Fokus penelitian ini tertuju pada Tiga hal, yaitu: a) Bagaimana model-model supervisi pembelajaran yang dilakukan oleh kepala madrsah ; b)Bagaimana proses dan teknik supervisi pembelajaran yang dilakukan oleh kepala madrasah; dan c) Apa kendala-kendala yang dihadapi kepala madrasah dalam melaksanakan supervisi pembelajaran. Untuk menjawab fokus penelitian tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi, a) observasi partisipan; b) wawancara mendalam; dan c) dokumentasi. Penemuan peneliti menunjukan bahwa: 1) model-model supervisi pembelajaran oleh kepala madrasah menggunakan model supervisi klinis dan supervisi akademik sebagai model yang digunakan dalam pelaksanaan supervisi; 2) proses atau teknik superivsi pembelajaran yang dilakukan oleh kepala madrsah yaitu kunjungan kelas, rapat rutin (berkelompok) dan pertemuan face to face (individu) dalam proses pelaksanaan supervisi; 3) kendala kepala madrasah dalam melaksanakan supervisi pembelajaran yaitu: a) kendala dari guru yang jarang hadir dalam pelaksanaan rapat rutin. b) kesibukan dinas kepala madrasah di luar sekolah, misalnya sering rapat dengan Diknas, dll sehingga dapat menghambat program supervisi yang telah ditentukan. c) kendala pendanaan yang menghambat dalam peningkatan kualitas guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-06-30

Issue

Section

Articles