Manajemen Disiplin Dan Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Aliyah Negeri

Authors

  • Etika Fitrotul Magfiroh UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/annidhom.v5i1.4400

Keywords:

Manajemen Mutu Pendidikan, Disiplin, Kinerja

Abstract

Peningkatan hasil kerja guru merupakan titik sentral dalam peningkatan kualitas pendidikan karena guru merupakan salah satu faktor penentu tinggi rendahnya mutu pendidikan. Kinerja guru akan bermakna bila dibarengi dengan niat yang bersih dan ikhlas, serta selalu menyadari akan kekurangan yang ada pada dirinya, dan berupaya untuk meningkatkan atas kekurangan tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan kearah yang lebih baik. Manajemen kinerja guru dalam meningkatkan MAN 2 Kota Serang menunjukan peningkatan yang berarti dengan dibuktikan penguasaan guru dalam bahan pelajaran, mendiagnosa tingkah laku siswa, melaksanakan proses pengajaran, dan pengukuran hasil belajar siswa secara optimal. Sedangkan manajemen disiplin dan kinerja dalam meningkatkan mutu pendidikan MAN 2 Kota Serang menunjukan manajemen yang baik dengan ditandai dengan adanya beberapa tahapan pembinan terhadap guru diantaranya melaksanakan MGMP, workshop, seminar, monitoring kinerja guru, program kerja, dan evaluasi. Semua tahapan tersebut dilaksanakan sebagai upaya Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dalam aspek kinerja pedagogik, profesional, sosial dan religi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-30

Issue

Section

Articles