Kepemimpinan Transformatif Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kepuasan Kerja Guru Dan Staf Pada Mts Negeri 3 Pandeglang
DOI:
https://doi.org/10.32678/annidhom.v5i1.4398Keywords:
Kepemimpinan Transformasional, kepala sekolah, kepuasan kinerjaAbstract
Pemenuhan kepuasan kerja seorang guru dan staf yang tepat akan mendorong guru dan staf merubah perilaku untuk tumbuh dan berkembang mencapai keberhasilan dalam melaksanakan tugas profesionalnya. Fungsi kepemimpinan kepala madrasah adalah memandu, menuntun, membimbing, memberi atau membangun motivasi-motivasi kerja, mengemudikan organisasi, menjalin jaringan komunikasi yang lebih baik sehingga akan mampu membawa para pengikutnya kepada tujuan yang telah direncanakan. Tujuan penelitian ini adalah mengungkap implementasi kepemimpinan transformasional Kepala MTs N 3 Pandeglang, kepuasan kerja guru MTs N 3 Pandeglang dan Kepuasan kerja staf MTs N 3 Pandeglang Penelitian ini dilaksankan di MTs N 3 Pandeglang dengan metode penelitian kulitatif dalam upaya mendeskripsikan tentang kepemimpinan trasformasional dalam meningkatkan kepuasan kerja guru dan staf. Berdasarkan hasil penelitian prinsip-prinsip kepemimpinan transformasional belum sepenuhnya dilakukan oleh Kepala MTs Negeri 3 Pandeglang dapat dinyatakan telah melaksanakan prnsip-prinsip kepeminpinan transformasional dengan baik sehingga kepuasan kerja guru dan staf baik.


























