Peningkatan Capaian Mutu Sekolah Dengan Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Pelatihan Berkelanjutan Di Smpn Bojonegara Kabupaten Serang
DOI:
https://doi.org/10.32678/annidhom.v5i2.4395Keywords:
Mutu Sekolah, Kinerja Guru, Pelatihan BerkelanjutanAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan capaian mutu sekolah dengan meningkatkan kinerja guru melalui pelatihan berkelanjutan, serta berusaha memahami efektivitas pelatihan berkelanjutan terhadap kinerja guru dalam upaya peningkatan capaian mutu sekolah di SMPN 1 Bojonegara Kabupaten Serang. Sasaran penelitian yaitu guru SMPN 1 Bojonegara Kabupaten Serang, dimana peneliti pernah bertugas sebagai Kepala Sekolah tahun pelajaran 2019- 2020, yang berjumlah 41 orang. Penelitian dilaksanakan terhadap guru melalui pelatihan berkelanjutan dalam rangka menaikkan kinerja guru sebagai upaya peningkatan capaian mutu sekolah di SMPN 1 Bojonegara Kabupaten Serang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembinaan kepala sekolah melalui pelatihan berkelanjutan memiliki manfaat dalam meningkatkan mutu guru didalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di SMPN 1 Bojonegara Kabupaten Serang, yang dicirikan melalui peningkatan mutu guru dalam setiap siklus, yaitu siklus I ( 66,34%), siklus II ( 72,46 % ), dan siklus III ( 77,61 % ); Pembinaan dengan menerapkan pelatihan berkelanjutan memiliki dampak positif, yaitu mampu meningkatkan kinerja guru. Pembinaan kepala sekolah melalui pelatihan berkelanjutan efektif dalam meningkatkan kualitas guru, sehingga para guru tersebutsiap untuk mengkuti pembinaan selanjutnya.


























