Bagaimana Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Swasta?

Authors

  • Jidan Andriansyah
  • Utami Syifa Masfu’ah
  • Siti Muhayah Alawiyah
  • Anis Fauzi

Keywords:

Lembaga Pendidikan Swasta, Kepemimpinan Dalam Pendidikan, Teori dan Praktik

Abstract

Di Negara Indonesia, Lembaga pendidikan terdiri atas lembaga pendidikan negeri dan lembaga pendidikan swasta. Kepemimpinan pada lembaga pendidikan. Kepemimpinan dalam lembaga pendidikan yang ada di lembaga swasta baik di sekolah maupun di perguruan tinggi pada hakikatnya diperoleh melalui tahapan yang telah ditetapkan oleh peraturan pemerintah dan disesuaikan dengan kebijakan atau peraturan lembaga swasta tanpa mengurangi apa yang telah ditetapkan di dalam peraturan pemerintah untuk dijadikan sebagai pedoman. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran pengetahuan kepemimpinan dalam kependidikan pada lembaga pendidikan swasta berkenaan dengan cara perolehannya dan bagaimana tanggungjawabnya dalam memimpin. Dalam penelitian ini menggunakan kajian pustaka dengan menggali informasi melalui literatur yang berkaitan dengan kepemimpinan dan pendidikan untuk menjawab fokus kajian penelitian ini. Hasil dari penelitian menunjukkan, bahwa lembaga pada lembaga pendidikan swasta berkenaan dengan dengan asal-usul perolehan kepemimpinan yang pada umumnya menyimpang dari teori-teori asal usul kepemimpinan yang dikemukakan para ahli. Karena perolehan kepemimpinan yang lebih banyak mengutamakan kedekatan dengan pemilik lembaga pendidikan swasta serta peran utama yang dijalankan pada umumnya. Hal ini berpengaruh pada budaya organisasi yang tidak sehat serta kualitas lembaga kewenangan berdasarkan faktor kedekatan perlu meningkatkan

diri dan menjalin hubungan kerja yang baik dengan para tenaga pendidik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-09-17