Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Dalam Pembelajaran Tatap Muka
Keywords:
Pendidikan, Karakter, Pembelajaran Tatap MukaAbstract
Pendidikan karakter merupakan penciptaan lingkungan sekolah yang membantu siswa dalam perkembangan etika, tanggung jawab melalui model, dan pengajaran karakter yang baik melalui nilai-nilai universal. Basis pendidikan karakter yang dilaksanakan berdasarkan teori Khan yaitu pendidikan karakter berbasis nilai religius, nilai budaya, nilai lingkungan dan potensi diri. Adapun objek peneitian ini adalah SD Islam Modern Darunnajah Serang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang didukung melalui teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi . Penelitian ini menggambarkan Implementasi pendidikan karakter siswa berdasarkan ke empat indikator tersebut.informan pada penelitian ini diantaranya Kepala sekolah, Divisi Kesiswaan, dan Wali Murid. Adapun penelitian ini adalah SD Islam Modern Darunnajah Serang. Hasil penelitian menunukkan bahwa, 1) Secara nilai religius, SD Islam Modern Darunnajah menerapkan pembinaan karakter disiplin terhadap siswa-siswanya sesuai dengan kaidah-kaidah Islam melalui Sholat Dhuha berjamaah, Mentoring dan Tahfidz 2) Secara nilai budaya, sekolah tersebut melaksanakan kegiatan sesuai dengan nilai-nilai budaya yang menjadi dasar pendidikan karakter melalui budi pekerti, upacara kemerdekaan, dan lomba 17 Agustus 3) SD Islam Modern Darunnajah mengintegrasikan niai pendidikan karakter berbasis lingkungan melalui Program Green, membuang sampah di tempatnya, dan menanam pohon 4) Pendidikan karakter berbasis potensi diri di SD Islam Modern Darunnajah diimplementasikan melalui program Self-assessment, kegiatan ekstrakurikuler seperti sains, robotik, klub musik, dan klub olahraga , dan Program mentoring
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


























